54 Tahun Perjalanan GENTA: Understanding Media’s Mind

Photographer : Johannes C.

54 Tahun Perjalanan GENTA: Understanding Media’s Mind

Oleh: Jeffry

Ada yang spesial nih, SOBAT Genta pada hari Kamis (29/03/2018) Lembaga Kemahasiswaan (LK) Pers Mahasiswa (Persma) kesayangan kita semua merayakan ulang tahunnya yang ke 54! Untuk memeriahkan hari spesial ini, GENTA menyelenggarakan talkshow inspiratif yang membahas media masa kini dengan tema Understanding Media’s Mind.

Acara ini mengundang dua pembicara yaitu, Reza Nangin dari CAMEO Project dan Akhyari Hananto selaku Founder and Editor in Chief Good News From Indonesia. Sejak registrasi masuk dibuka, puluhan mahasiswa dari berbagai macam program studi (prodi) sudah memenuhi bagian depan ruang Audio Visual Gedung T (AVT) 502 yang memang menjadi tempat dilaksanakannya acara. Acara kemudian dibuka oleh Eka Cipta Muliawan dari prodi Manajemen Bisnis angkatan 2014, selaku Master of Ceremony (MC) dengan doa pembuka, kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan oleh R. Arja Angka A.A.A. Sadjiarto, S.E., M.Ak., Ak. selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Kristen (UK) Petra.

Takshow ini berlangsung dengan sangat seru. Reza berhasil menempatkan komedi yang menjadi bidangnya di dunia Youtube ke dalam sesi sehingga memberikan angin segar dan tidak membuat bosan. Hal yang sama juga kerap dilakukan Akhyari untuk menjaga keadaan tetap semenyenangkan mungkin. Sembari menjawab pertanyaan-pertanyaan, Reza dan Akhyari juga membagikan kisah hidup mereka, bagaimana mereka bisa menjadi diri mereka sekarang, apa yang telah mereka lalui dan bagaimana menjadi seorang konten kreator yang baik.

“Anak-anak bangsa itu harus berpikir lebih kritis, bukan negatif,” ujar Akhyari ketika ditanya tentang bagaimana sebenarnya media sosial mempengaruhi generasi Z atau generasi masa kini yang begitu paham dunia internet. “Tujuan kami adalah menyuarakan mimpi kami untuk melihat Indonesia yang lebih maju memalui media visual dan tulisan.” Akhyari juga mengungkapkan data-data peningkatan penggunaaan internet yang dihafalnya diluar kepala untuk menunjukkan seberapa pesat perkembangan teknologi yang telah berlangsung di tahun 2018 ini.

Di sisi yang lain, Reza menekankan jika sebagai seorang konten kreator kita harus punya prinsip yang baik dan dapat membentuk kita di masa kedepannya. “Tanggung jawab ada karena values yang sudah ditanamkan ke dalam diri kita sendiri,” ujarnya. Reza juga meningatkan jika kita harus berdiri teguh sesuai prinsip kita selama itu benar, dan juga harus siap menerima konsekuensinya.

Ketika ditanya tentang berita palsu (Hoax) yang sering tersebar dengan mudah di media sosial, kedua konten kreator ini menyuarakan pikirannya masing-masing. Menurut mereka, media sosial sudah mengambil peranan televisi atau radio sebagai influencer pada masa kini, jadi berita-berita palsu yang tersebar akan sangat mduah dipercayai dan menjadi viral. Reza menyatakan jika kita sebegai anak muda yang sudah mengerti, harus mampu menyaring berita yang baik dan tidak melihat sama sekali berita yang buruk. Sedangkan Akhyari lebih menganjurkan untuk meninggalkan atau melaporkan hoax yang kita temukan ke polisi siber agar tidak menjadi viral dan berakhir merusak lebih banyak lagi.

Setelah talkshow, acara kemudian dilanjutkan dengan sesi Q&A sebelum serangkaian acara lain yaitu penayangan video Pengabdian Masyarakat (Pengmas) HUT Genta dan video sejarah persma sejak berdiri 54 tahun yang lalu. Acara mencapai puncaknya ketika tombol merah untuk meresmikan ulang tahun Genta ditekan oleh Ferdiantio Jeremiah Setiawan, prodi Desain Komunikasi Visual 2016, selaku ketua panitia.  Penekanan tombol diiringi oleh lagu Happy Birthday yang dinyanyikan oleh seluruh peserta yang hadir. Acara kemudian ditutup oleh penyerahan plakat kepada kedua pembicara, kata penutup oleh Ferdiantio dan Desi Yoanita, S.Sos.,M.Med.Kom. selaku pembina dari Persma dan doa penutup yang kembali dibawakan oleh Eka.

“Harapannya, semoga kegiatan ini dapat menginspirasi dan menambah wawasan tentang literasi media,” ujar Ferdiantio ketika menyatakan tentang harapannya untuk manfaat acara ini kedepannya. Ferdiantio juga berharap jika Persma dapat semakin dikenal dan menginsipirasi seluruh masyarakat UK Petra.

Nah, SOBAT Genta, di usia yang sudah 54 tahun ini, GENTA akan terus senantiasa memberikan berita-berita dari seluruh penjuru kampus. GENTA tidak akan berhenti menyuarakan opini dan berita demi kesejahteraan bersama. Terus dukung GENTA agar tetap bisa berkarya dan menjadi berkat bagi kampus ya! Selamat ulang tahun GENTA!

Tagged with:     , , ,

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Feature

Majalah Kampus di Ambang Keterpurukan
Posted in: Feature

Majalah Kampus di Ambang Keterpurukan Oleh: Veronica Maureen Sebanyak 1000 eksemplar majalah GENTA dicetak setiap edisinya yang seharusnya menjadi sumber pengetahuan baru bagi seluruh sivitas, tak terkecuali mahasiswa. Dan mungkin, sudut pandang paling tepat dalam menentukan keberhasilan pembuatan GENTA adalah dengan menilai sejauh mana informasi dan pengetahuan yang dituliskan mampu diterima oleh seluruh sivitas. Rendahnya […]

Read More