Kepemimpinan Dimulai dari Dalam Diri Sendiri

genta-default-images

Photo by Pers Mahasiswa

Kepemimpinan Dimulai dari Dalam Diri Sendiri

Oleh: Christabel Cheryl Famdale

21 April 2017, Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknik Industri Petra (HIMATITRA) melaksanakan kuliah tamu di P.701, gedung P Universitas Kristen (UK) Petra. Kuliah tamu ini dihadiri sebanyak 88 mahasiswa UK Petra dari berbagai program studi (prodi), selain Teknik Industri. Kelas umum kali ini mengangkat tema “Boss or Leader”, dengan judul “How to be a Good Leader of Yourself?” Selain itu, perkuliahan ini menggunakan bahasa pengantar dengan bahasa Inggris. William Hansel, selaku ketua acara ini berkata, “Bahasa Inggris sangat penting dalam berkomunikasi. Maka dari itu, melalui seminar ini, saya ingin kita terbiasa menggunakan bahasa Inggris.”

Ricky Wang, sebagai narasumber menyampaikan mengenai apa itu leadership (kepemimpinan). Beberapa ahli mendeskripsikan kepemimpinan ke berbagai artian. Salah satu ahli mengutarakan bahwa kepemimpinan adalah influence (pengaruh). Maksudnya adalah ketika menjadi seorang leader (pemimpin) seseorang dapat memberikan pengaruh ke lingkungannya. “Kita percaya bahwa semua orang harus menjadi leader,” sebut Ricky. Pemimpin yang dimaksud dimulai dari memimpin diri sendiri seperti mematuhi jadwal yang kita buat. Kalau seseorang tidak dapat mematuhi dirinya sendiri, bagaimana ia menginginkan orang lain mematuhi dirinya?

Masih banyak mahasiswa tidak dapat me-manage dirinya. Melihat kenyataan di sekelilingnya tersebut, William bersama dengan Human Resource Development (HRD) HIMATITRA, membuat tema kepemimpinan ini. “Aku lihat dari teman-temanku sendiri yang sudah dikasih tugas sama (oleh, red) dosen dari jauh hari, tetapi tidak dikerjakan. Nanti baru H-1 kerja, lalu hasilnya gak bagus,” tutur William.

Tagged with:     ,

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *