Indonesia-Korea

genta-default-images

Photo by Pers Mahasiswa

Indonesia-Korea

By: Clarita Ivone Rumimpunu

            Jumat, 21 April 2017, King Sejong Institute (KSI) merupakan lembaga pendidikan bahasa Korea yang berada di Universitas Kristen (UK) Petra. Selain mengedukasi dalam bidang bahasa, KSI juga berusaha memperkenalkan budaya Korea melalui beberapa acara tahunan. Pada bulan ini, KSI mengadakan ‘Lomba Menghias Kipas Korea’ yang bekerjasama dengan Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV). Acara ini diikuti oleh kurang lebih 50 peserta dari berbagai jurusan, dan bertempatan di Ruang Audio Visual 2 Gedung T (AVT502).

Tema melukis kali ini adalah ‘Perpaduan Budaya Korea dan Indonesia’. Hong Jong Yun selaku dosen native di KSI, memberikan penjelasan singkat mengenai kebudayaan Korea, karena peserta sudah familiar dengan budaya Indonesia. Penjelasan yang diberikan mulai dari tipe bunga di Korea, hingga warna yang mencerminkan kebudayaan Korea. Peserta mendapatkan waktu kurang lebih satu jam untuk melukis dan menghias kipas dengan berbagai macam warna. Ada yang mendesain kipas mereka dengan nuansa klasik dan elegan, ada juga yang memberikan nuansa ramai dalam desain mereka. Semua peserta nampak mengeluarkan konsep ide yang bermacam-macam.

            Acara ini sangatlah menarik. Kenapa? Karena secara tidak langsung acara ini mengajak peserta untuk memahami budaya Korea. Ide yang mereka tuangkan tidak hanya berbau budaya Indonesia, namun harus berbau budaya Korea juga. Mau tak mau para peserta akan berusaha menciptakan suasana Korea dalam karya mereka.

Mahasiswa pun mendapatkan pengetahuan baru serta pengalaman menarik melalui lomba yang satu ini. Memang mempelajari budaya sangat menyenangkan, mengenal budaya negara lain pun ada perlunya. Tapi, yang terpenting jangan lupa dengan budaya sendiri, ya! Setuju Sobat GENTA?

Tagged with:     ,

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *