Sulitnya Terlepas dari Jaringan Narkoba

genta-default-images

Photo by Pers Mahasiswa

Sulitnya Terlepas dari Jaringan Narkoba

Oleh: Christabel Cheryl

Jumat, 31 Maret 2017 – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mahasiswa Petra Peduli Napza (Matrapenza) telah mengadakan seminar nasional mengenai anti narkoba. Acara ini berjalan dengan membawa tema “Up with Hope, Down with Dope.” Rosita Angelia, sebagai ketua kegiatan ini mengaku, “Tema ini sebenarnya mengajak kita untuk memiliki mimpi yang besar. Namun, dengan adanya tantangan narkoba, mimpi kita bisa runtuh. Maka dari itu, sebaiknya kita menghindari narkoba.” Bertempat di auditorium Universitas Kristen (UK) Petra, acara ini dihadiri kurang lebih 400 peserta.

Rosita mengutarakan bahwa kedua pembicara yang datang merupakan pembicara yang sudah mengenal di bidang narkotika, Yudha Novanto dan Henry Jacques Pattinasarany. Yudha merupakan mantan pengguna narkoba. Ia terjerat narkoba sejak tahun 1989 hingga akhirnya ia dapat terlepas pada tahun 2006. Sekarang, ia menjadi koordinator rumah pendamping bagi pasien paska rehabilitasi. Sedangkan Henry terkena narkoba sejak dirinya masih duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP). Awalnya henry tidak berasal dari keluarga broken home, prestasi akademik dan non-akademiknya pun cemerlang. Namun, saat sedang membeli minum dipinggir jalan ia ditawari serbuk putih, narkoba, oleh tukang jualan es di dekat sekolahnya. Kala itu penyuluhan tentang narkoba masih sangat minim. Dengan kepolosannya ia terjerat ke dalam ikatan narkoba. Sekarang, ia bukanlah pecandu narkoba lagi. Kedua pembicara mengaku bahwa melepaskan diri dari narkoba adalah hal yang sangat sulit. Bahkan ketika sekarang mereka telah berhasil lari dari dunia kelam itu, masih saja sindikat narkoba mengejar diri mereka.

“Dengan mengadakan seminar ini, kami berharap pengetahuan peserta akan bahaya narkoba meningkat. Dengan demikian, peserta tidak perlu jatuh dalam (bahaya) narkoba,” tambah Rosita.

Tagged with:     , ,

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *