Makna Al-Quran yang Sebenarnya

genta-default-images

Photo by Pers Mahasiswa

Makna Al-Quran yang Sebenarnya

Oleh : Tabita Ovina

            Bertempat di ruang P707 Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya, Jumat (17/3/17), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Peace Building UK Petra Surabaya mengadakan seminar dengan judul ‘A Study to Understand The Violence Suggestive Verses in The Al-Quran.’ Mengundang Muhammad Afdillah, S. Th. I., M. A., M. Si. sebagai pembicara, seminar dengan durasi 2 jam ini menguak kebenaran dari ayat-ayat di Al-Quran yang mengandung kekerasan secara sugestif.

            Acara dibuka dengan doa secara kristiani kemudian dilanjutkan oleh kata sambutan dari Adi Wibowo, S. T., M. T. selaku kepala Departemen Mata Kuliah Umum (DMU) UK Petra. Ketua UKM Peace Building, Jeffrey Quaa Salmy memberikan kata sambutan untuk semua orang yang hadir dalam seminar tersebut. Acara dilanjutkan dengan ‘membongkar’ isi dan makna yang sebenarnya dalam Al-Quran. Pria yang juga merupakan dosen di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel tersebut mengatakan bahwa seringnya penyalahgunaan bahasa-bahasa islami di dalam gambar-gambar yang viral di sosial media, menimbulkan banyaknya salah tafsir yang menimbulkan perpecahan di Indonesia. Maka dari itu, hal tersebut bisa diatasi dengan mempelajari lebih dalam kitab suci masing-masing, contohnya seperti seminar yang dibuka untuk umum ini. Lalu, acara diakhiri dengan sesi tanya jawab yang membuka untuk 8 pertanyaan.

            Jeffrey mengatakan, tujuan diadakannya acara ini adalah agar kita bisa memahami Islam sepenuhnya, baik dari segi budaya maupun sudut pandang, dan itu semua langsung dari ahlinya. Alasan utama dipilihnya tema acara ini adalah banyak munculnya isu-isu dan perpecahan akhir-akhir ini, padahal kita sebagai penganut bhinneka tunggal ika, seharusnya sudah menjadi satu. Melalui acara ini, Jeffrey berharap bisa mengatasi perpecahan yang mungkin bisa muncul ke depannya.

Tagged with:     , ,

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *