Ulang Tahun yang ke-50

genta-default-images

Photo by Pers Mahasiswa

Ulang Tahun yang ke-50

By : Clarita Ivone R.

Sebagai rangkaian acara memperingati 50 tahun berdirinya Program Studi (Prodi) Teknik Arsitektur, Rabu (01/03/17) dan Kamis (02/03/17) telah diselenggarakan ICEA SENVAR 2017 berlokasi di Auditorium Universitas Kristen Petra, Surabaya. ICEA (International Conference on Emphatic Architecture) yang berfokus pada SENVAR (Sustainable Enviroment and Architectur) ini diketuai langsung oleh Timoticin Kwanda, B.Sc., MRP., Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan.

Menurut Timoticin, usia 50 tahun merupakan usia yang cukup dewasa bagi Prodi Arsitektur. Mahasiswa diharapkan tidak hanya mengetahui bagaimana merancang bangunan, namun mengetahui kondisi sosial masyarakat. Termasuk didalamnya kondisi lingkungan. Mahasiswa diharapkan memiliki sensibilitas saat merancang suatu bangunan. Setali tiga uang dengan Timoticin, Eunike Kristi Julistiono, S.T., M.Des.Sc., selaku Ketua Program Studi Arsitektur mengatakan hal yang serupa. Nike, sapaan akrab Eunike berharap Prodi Arsitektur semakin berdampak kepada masyarakat melalui karya yang memperhatikan kebutuhan masyarakat dan meningkatkan kesadaran untuk keberlangsungan hidup.

Untuk acara kali ini, Prodi Arsitektur mengundang enam pembicara dan dua diantaranya merupakan keynote speaker. Daliana Suryawinata dan Florian Heinzellman menjadi keynote speaker hari ini (Kamis 02/03/17). Mereka adalah bagian dari Studio of Hope Architects & Urbanism (SHAU), salah satu perusahaan arsitektur dalam taraf internasional. Saat ditemui di coffee break acara ini, Heinzellman mengaku senang dapat bergabung dalam memperingati 50 tahun berdirinya Prodi Arsitektur. Ia pun memberikan masukan kepada calon arsitek agar lebih memperhatikan detail dalam suatu rancangan. Karena detail dan makna dari suatu rancangan merupakan hal yang penting dalam bidang arsitektur.

Rangkaian acara kemudian dilanjutkan dengan Ecological tour serta Heritage Tour pada Jumat (03/03/2017) dan Reuni Akbar pada Sabtu (04/03/2017). Wah, semoga Prodi Arsitektur dapat semakin berkembang dan menembus kancah internasional.

 

Tagged with:    

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *