Nonton Bareng SD Siwalankerto III

nobar_KHW_002_wtm_rsz

Photo by Kennia H. Wijaya

Nonton Bareng SD Siwalankerto III

Oleh : Clarita Ivone R.

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Apresiasi Seni Film dan Sastra (ASFS) telah mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat pada Sabtu, 18 Februari 2017. Bertempat di gedung P ruang 708 dan 709 Universitas Kristen (UK) Petra, acara dengan judul “Yuk, Nonton Bareng Rek!” ini mengundang siswa-siswi dari Sekolah Dasar (SD) Siwalankerto III untuk menonton film Inside Out. Film ini menceritakan tentang seorang anak perempuan bernama Riley, berumur 11 tahun, dan memiliki 5 pengendali emosi di dalam otaknya. Sesuai dengan film yang telah dipilih, acara ini diharapkan dapat membantu anak-anak semakin memahami diri sendiri serta mengontrol emosi dalam dirinya. Melalui film ini, juga disampaikan pesan mengenai peranan orang tua dalam membantu anak-anak melewati masa pertumbuhan yang cenderung masih labil.

Acara yang berlangsung kurang lebih 5 jam ini diawali dengan berdoa, kemudian menonton film yang berdurasi satu setengah jam. Seusai menonton film, tibalah saatnya bagi para mahasiswa untuk berinteraksi secara langsung dengan siswa-siswi yang ada. Setiap anak didampingi oleh mahasiswa membuat prakarya berupa jam dinding. Dalam pembuatan prakarya ini, akan dipilih satu karya yang dinilai panitia sebagai karya yang terbaik.

nobar_KHW_001_wtm_rsz

Photo by Kennia H. Wijaya

Selain memberikan edukasi kepada siswa-siswi SD Siwalankerto III, panitia berharap acara yang mereka selenggarakan mampu menumbuhkan jiwa sosial mahasiswa UK Petra. “Mahasiswa kurang excited, berbeda dengan tahun lalu,” ungkap Grace Safenla selaku panitia. Sesuai dengan jenisnya, acara pengabdian masyarakat memang ditujukan untuk membangun interaksi antara mahasiswa UK Petra dengan masyarakat, serta mengajak mahasiswa meluangkan waktu untuk berinteraksi dan bersosialisasi dengan masyarakat.

Nah, jika tahun depan UKM ASFS akan mengadakan acara pengabdian masyarakat lagi, siapkah GENTA readers mengikutinya dengan antusias?

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *