Sadari Sedari Dini jadi Tagline untuk Kampanye

genta-default-images

Photo by Pers Mahasiswa

Sadari Sedari Dini jadi Tagline untuk Kampanye

Oleh: Christabel Cheryl Famdale

Breast Cancer Awareness merupakan serangkaian acara yang diselenggarakan oleh mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra (UK Petra), Surabaya. Mulai dari kampanye, pemeriksaan gratis, hingga acara puncak yaitu mini charity concert. Pada 25 November 2016, konsentrasi PR (Public Relation, red) Jurusan Ilmu Komunikasi mengadakan mini charity concert yang bertemakan Stand Up For Love. Selain menjadi tugas dari mata kuliah manajemen kegiatan, acara ini juga ditujukan untuk mendukung para pejuang kanker payudara. Dimulai dari angka nol, donasi yang terkumpul untuk Yayasan Kanker Indonesia bagian Jawa Timur dapat mencapai angka Rp 6.500.000,-.

“Acara ini merupakan acara tahunan. Setiap tahun topiknya selalu sama. Bahkan dosen kami pun merupakan survivor kanker payudara. Kalau tahun lalu bentuk kegiatannya adalah pink run, tahun ini lebih kearah mini charity concert,” papar Oktavianus Filemon, sebagai ketua.

Kanker payudara merupakan satu-satunya kanker yang dapat dideteksi sejak dini. Melalui Breast Cancer Awareness, masyarakat dapat dididik mengenai bagaimana cara mendeteksi penyakit ini. Kanker ini umumnya diderita oleh kaum wanita, tetapi tidak menutup kemungkinan pria dapat mengidapnya juga. Sebanyak 1 dari 100 orang pengidap kanker payudara adalah pria. Walau dapat dideteksi sejak dini, kanker ini menduduki peringkat nomor satu di Indonesia sebagai kanker dengan pasien terbanyak. Dengan periksa payudara sendiri (SADARI), diharapkan pengidap dapat mendeteksi sejak dini dan mengobati dirinya.

Tak perlu khawatir akan pengangkatan payudara. Dengan adanya teknologi konstruksi payudara, seorang yang mengoperasikan dirinya tidak perlu takut akan kehilangan payudaranya.

Tagged with:     , , ,

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *