Teater Rumpun Padi-Rumongso Iso, Iso Rumongso

genta-default-images

Photo by Pers Mahasiswa

Teater Rumpun Padi-Rumongso Iso, Iso Rumongso

Oleh :  Veronica Maureen

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Teater Universitas Kristen (UK) Petra, Teater Rumpun Padi melaksanakan kegiatan Diklat (Pendidikan dan Pelatihan Kilat) pada Jumat (18/11/2016) hingga Minggu (20/11/2016), yang berlokasikan di Mojopahit Agro Lestari, Pacet.

Sebagai salah satu program rutin ini, memiliki tujuan yaitu mendidik para peserta baru dengan menambah pemahaman peserta tentang keilmuan di dalam teater. Tujuan kedua ialah untuk memberikan wawasan kemanusiaan dan fungsi teater untuk lingkungan sekitar. Tujuan kedua ini sebagai perwujudan bahwa di dalam dunia teater sendiri memuat unsur kebudayaan dan berkebangsaan.

Pada hari pertama, peserta diberikan beberapa sesi seperti ‘Konsep Manusia Berbudaya’, ‘Mengapa Aku Berteater?’ ‘Panggung dan Lighting‘ oleh Marsetio Hariadi, Program Studi (Prodi) Desain Komunikasi Visual (DKV) 2012. Dalam hari pertama ini, kegiatan memang masih didominasi dengan teori-teori mengenai bagaimana teater mampu berpengaruh di dalam masyarakat dan juga hal teknis dalam pementasan yang nantinya akan mendukung dalam praktik dalam berteater ke depannya.

Hari kedua, Abednego Bejo Sugiyono, S. Spd membawakan sesi ‘Menggali Sepotong Ide’ dimana peserta diajak untuk menciptakan naskah monolog dengan dua benda yang ada disekitar. Dilanjutkan dengan pembahasan mengenai pantomime yang merupakan bagian dalam teater, dan materi tugas seorang sutradara dan manajemen pementasan. Setelah melalui berbagai sesi, peserta terbagi ke dalam tiga kelompok yang akan mementaskan sebuah naskah pada hari ketiga.

“Harapan kami kedepannya ialah peserta diklat dapat menguasai keseluruhan keilmuan teater dan juga mengharapkan kepekaan peserta terhadap permasalahan-permasalahan yang ada, baik diri sendiri maupun yang ada di lingkungan sekitar mereka,” tutur Maichel Korompis, Prodi Sastra Inggris 2015, selaku ketua pelaksana Diklat Teater 2016.

Tagged with:     ,

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *