Green Building Concept dalam Kehidupan Sehari-hari

ilmu_fth_001_wtm_rsz

Photo By Sellina Tanya

Green Building Concept dalam Kehidupan Sehari-hari

Oleh : Romie Christian Paparang

Isu kelestarian lingkungan merupakan isu yang tak ada habisnya untuk dikupas. Permasalahan lingkungan hidup akibat perkembangan teknologi mendorong banyak pihak memikirkan berbagai cara untuk mengatasi kerusakan lingkungan. Berangkat dari isu tersebut, Himpunan Mahasiswa Manajemen Kepariwisataan (HIMAPATRA) mengadakan acara Seminar Keilmuan bertajuk Maintain the Heart of Your Building. Menurut Novia selaku ketua panitia, acara Seminar Keilmuan merupakan konsep acara yang baru dicetuskan pada periode 2016/2017. “Materi yang disampaikan dalam seminar ini merupakan isu yang berhubungan dengan program studi (prodi) kami, yaitu pariwisata. Meski berhubungan dengan pariwisata, namun tema yang kami angkat ini (Maintain the Heart of Your Building, red) merupakan tema umum, sehingga dapat diaplikasikan dalam berbagai aspek,” ungkap mahasiswi prodi Manajemen Kepariwisataan angkatan 2015 ini.

Seminar yang diadakan pada hari Sabtu, 19 November 2016 di Gedung P ruang 708 ini mengundang Albertus Irwan Sendjaja selaku Direktur PT. Elite Prima Hutama. “Selain karena rekomendasi dosen dan posisinya sebagai direktur, kami memilih beliau karena ia merupakan ketua dari Business Owners and Managers Association (BOMA). Jadi, sudah berpengalaman dalam menyampaikan materi terkait,” jelas Novia.

            Acara dibuka dengan sambutan dari Kepala Prodi Manajemen Kepariwisataan Rachmat Sugianto, S.E., M.A., baru kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi. Dalam pembahasannya, Irwan berfokus pada penerapan green building dalam kehidupan sehari-hari, serta menyadarkan peserta akan pentingnya green building terhadap kesehatan diri dan keberlangsungan lingkungan hidup. Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh kedua Master of Ceremony (MC) dan ditutup dengan pemberian plakat kepada Irwan.

            Secara keseluruhan, cukup banyak informasi yang didapatkan peserta melalui seminar ini. Hal itu diungkapkan oleh Nicholas Bram Yoevanto Hartono, salah seorang mahasiswa Prodi Manajemen Kepariwisataan angkatan 2015. “Saya belajar banyak bagaimana menjaga kebersihan dari tempat tinggal saya, terutama yang berhubungan dengan bakteri, karena itu berpengaruh terhadap kesehatan,” jelas mahasiswa yang akrab disapa Bram ini. “Kekurangannya, mungkin tempo penyampaiannya terlalu cepat dan kurang tertata. Namun secara keseluruhan, materinya mudah dipahami,” ungkap Bram ramah menutup wawancara. 

Tagged with:    

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *