Terlalu Lama Duduk Berdampak Fatal

sit_khw_002_wtm_rsz

Photo By Kennia Harvin Wijaya

Terlalu Lama Duduk Berdampak Fatal

Oleh: Helen Setiawan

Jumat, 11 November 2016 – International Business Management (IBM) Universitas Kristen (UK) Petra mengadakan projek dari mata kuliah Marketing Management atau Manajemen Pemasaran. Setiap kelas mendapatkan proyeknya sendiri-sendiri. Kepanitiaan dibentuk berdasarkan kelas yang diambil oleh mahasiswa IBM. Diketuai oleh Lani Diana, yang juga merupakan ketua kelas dalam mata kuliah yang bersangkutan.

Acara yang diadakan di gedung Spazio lantai 2 ruang 208 ini mengangkat judul, Sitting is the new Smoking, para peserta yang hadir diajak untuk melakukan olah raga, senam, pilates atau yoga untuk merenggangkan otot-otot yang kaku akibat terlalu lama duduk. Peserta yang hadir tidak hanya dari kalangan mahasiswa UK Petra saja, ada mahasiswa dari universitas lain, dan bahkan ada bapak-bapak dan ibu-ibu yang mengikutinya. Ya, acara ini terbuka untuk umum. Cukup membayar Rp 100.000,- peserta yang hadir dapat membawa pulang matras yoga dan mendapatkan pelajaran yang berharga pastinya.

Sebelum memulai pilates peserta diberitahukan apa saja dampak yang ditimbulkan dari duduk terlalu lama. Dampak yang timbul tidaklah berbeda dengan akibat dari merokok. Sesuai dengan judulnya, Sitting is the new Smoking, yang memiliki pemahaman bahwa duduk dapat menjadi seperti rokok yang dapat membunuh kita perlahan-lahan.

Dipandu oleh Natashia Sally, selaku trainer pilates, sebelum melakukan pelatihan ia memberikan pengetahuan akan bahaya dari duduk terlalu lama yang berujung pada liang kubur. Penyakit yang ditimbulkan antara lain diabetes, disfungsi organ penting dalam tubuh (seperti jantung, paru-paru, pankreas, dan bahkan otak), osteoporosis, nyeri di leher, dan sakit punggung. Selain itu ia juga memberikan solusi-solusi untuk menghindari penyakit-penyakit tersebut, seperti exercise dan atau membakar kalori.

Menarik bukan Sobat GENTA? Sayang sekali acara ini mungkin hanya diadakan sekali ini saja. Semoga ada acara seperti ini lagi, ya. Hitung-hitung mengurangi pegal akibat terlalu lama duduk di kelas, ya ‘kan?

 

 

 

Tagged with:     ,

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *