Motivator yang Memasak

molecular_tio_001_wtm_rsz

Photo by Ferdiantio Jeremiah – GENTA

Motivator yang Memasak

By : Clarita Ivone Rimimpunu

Molecular Gastronomy, familiar gak dengan istilah yang satu ini?

Mungkin ada yang pernah dengar, ada yang pernah lihat di televisi, dan sebagainya. Molecular Gastronomy merupakan studi ilmiah yang mempelajari tentang proses fisiokimia pada bahan pangan. Program Studi (Prodi) Manajemen Perhotelan Universitas Kristen (UK) Petra, secara khusus mengadakan seminar dan workshop tentang topik yang satu ini. Bertempat di Gedung Ferry Teguh Santoso atau sering dikenal sebagai Gedung A, acara dimulai pada pukul 12.00 siang.

Pembicara yang hadir nampak bersahabat semenjak awal acara, ia adalah Chef Mandif Warokka. Banyak prestasi yang telah dicapai oleh Mandif. Ia sempat dipercaya sebagai Guest Chef di Master Chef dan Hell’s Kitchen Indonesia. Dengan penuh semangat Mandif membagikan ilmu yang ia miliki kepada setiap peserta. “Passion saya tidak hanya memasak, namun juga mengajar,” ujarnya ditengah seminar. Ia merasa seharusnya Indonesia mampu memiliki chef yang setara dengan chef luar negeri. Hal ini dapat terwujud apabila chef Indonesia mau melatih jiwa kepemimpinan mereka, kedisiplinan, serta fokus dengan dunia memasak.

Kurang lebih 90 menit berlalu, seminar pun usai dan dilanjutkan dengan workshop. Setiap peserta dibagi menjadi delapan kelompok, dan tiap-tiap kelompok diminta untuk memasak sesuai dengan resep yang diberikan. Bagi kelompok yang dinilai masakannya enak oleh Mandif, salah satu diantara mereka berhak medapatkan voucher dinner. Bagi kelompok dengan penyajian yang bagus akan mendapatkan hadiah khusus dari panitia. Meski acara ini berlangsung cukup lama, setiap peserta mendapatkan ilmu baru mengenai molecular gastronomy. Tak hanya ilmu, setiap peserta dapat mendengar langsung sepak terjang Mandif selama ia bertekun sebagai chef.

Acara ini akan bermanfaat bagi setiap peserta. Melihat hampir semua peserta berasal dari Prodi Manajemen Perhotelan.

Tagged with:     , ,

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *