Urban Sketch Fair 2016: Program Perdana HIMAARTRA

us_tio_001_wtm

Ferdiantio Jeremiah – GENTA

Urban Sketch Fair 2016: Program Perdana HIMAARTRA

Oleh: Veronica Maureen

Serangkaian acara Urban Sketch Fair 2016 dimulai pada hari Sabtu (05/11/16) dengan Urban Sketch Workshop. Program perdana dari Himpunan Mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Arsitektur (HIMAARTRA) ini berlangsung di ruangan P709 Gedung P Universitas Kristen (UK) Petra, diikuti dengan total 50 peserta. Peserta tidak hanya datang dari Prodi Teknik Arsitektur saja. Hal ini dikarenakan kegiatan ini terbuka untuk seluruh mahasiswa UK Petra yang tertarik dengan urban sketching ini. Tujuan utama kegiatan ini ialah untuk memfasilitasi dan mengapresiasi bakat dan minat para mahasiswa terutama di bidang seni yakni sketsa, yang sangat esensial sebagai media komunikasi visual.

Sekitar pukul 10.00 WIB workshop dimulai, dibuka oleh Master of Ceremony (MC) dan dilanjutkan dengan sambutan dari ketua penyelenggara, Mutiara Ninditia, Prodi Teknik Arsitektur angkatan 2015.

Langsung memasuki inti acara, John Gustav Reinhart Hermanus, komikus The Raid, selaku pembicara dalam workshop menyampaikan materi mengenai urban sketching ini. John menyampaikan bahwa yang paling penting ialah belajar memperhatikan detail, karena diakuinya bahwa urban sketching membutuhkan waktu yang cukup lama. Tak hanya itu, John juga mendemonstrasikan menggambar objek menggunakan berbagai jenis alat berdasarkan kebutuhan dan waktu pengerjaan yang dimiliki.

Pada pukul 12.00 WIB seluruh peserta berangkat bersama menuju lokasi acara sesungguhnya untuk menggambar salah satu sudut Kota Surabaya ini, tepatnya di Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria di Jalan Kepanjen no.6, Surabaya. Lokasi ini dipilih atas pertimbangan detail yang menarik serta sesuai dengan tema yang diangkat pada workshop kali ini, yaitu bangunan-bangunan arsitektural dengan nilai spiritual.

“Untuk tahun-tahun kedepannya, semoga program ini dapat menjadi program unggulan dengan skala internasional,” harap Mutiara.

 

Tagged with:    

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *