Dongeng untuk Masa Depan

dscf4116_wtm_rsz

Photo by Kennia H

Dongeng untuk Masa Depan

Oleh: Clarita Ivone Rumimpunu

“Dongeng Kota yang Sehat dan Indah”, berikut adalah judul acara  dalam memperingati Lustrum ke-10 untuk memperingati 50 tahun Perpustakaan Universitas Kristen (UK) Petra. Acara ini diselenggarakan pada hari Sabtu, 5 November 2016. Dalam rangkaian acara kali ini, Perpustakaan UK Petra mengundang 137 siswa dari  Sekolah Dasar Negeri (SDN) Siwalankerto II dan SDN Siwalankerto III. Selain itu, mahasiswa UK Petra juga terlibat dalam membantu jalannya acara.

Sebelum memulai rangkaian acara, siswa dijemput oleh mahasiswa UK Petra di sekolah mereka masing-masing. Mereka pun beriringan menuju titik kumpul yaitu di Audio Visual gedung T (AVT) 503. Dengan bantuan para guru, mereka mulai duduk memenuhi bangku yang tersedia. Acara dimulai dengan sambutan dari Dian Wulandari SIP., selaku Kepala Perpustakaan, dilanjutkan oleh Billy SK yang merupakan Ketua Panitia Lustrum ke-10, dan Gunawan Tanuwidjaja, M.Sc., koordinator panitia pelaksana. Seusai sambutan, siswa Sekolah Dasar (SD) menonton video mengenai kota yang sehat dan indah.

Sesuai dengan tujuan dari acara ini, diharapkan siswa dapat mengenal sejak dini bagaimana keadaan kota yang sehat dan indah. Masing-masing dari mereka mendapatkan buku “Kisah Kota Kita” karangan Dian Kusuma Wardhani, ST., MT. Buku ini direkomendasikan oleh Presiden Republik Indonesia (RI)  karena dapat menjadi media pembelajaran yang baik. Acara berikutnya ialah kunjungan ke perpustakaan. Didampingi mahasiswa, setiap siswa memilih tempat yang nyaman dan mulai membaca buku mereka. Selain membaca, mereka juga mendapatkan pensil warna dan selembar kertas berukuran A3. Pada kertas itulah mereka diminta menggambarkan hal yang mereka suka.

Acara ini tidak berlangsung lama, namun diharapkan siswa SD dapat mengerti mengenai kota yang sehat dan indah. Generasi muda harus peduli dengan keadaan kota mereka, demi masa depan yang lebih baik.

Tagged with:     ,

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *