Semangat Pemuda, Sumpah Pemuda

copy-of-img_2058_wtm

Photo by Pers Mahasiswa

Semangat Pemuda, Sumpah Pemuda

Oleh: Christabel Cheryl Famdale

Upacara bendera dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda dilaksanakan pada hari Jumat, 28 Oktober 2016 di Lapangan Hijau, Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya. Upacara ini diselenggarakan oleh UK Petra dengan menugaskan Satuan Resimen Mahasiswa (MenWa) dan dikomandani oleh Albertus Adianto Pangau. Upacara ini dihadiri sebanyak 662 mahasiswa baru dari jurusan International Business Accounting (iBacc), International Business Management (IBM), Akuntansi Pajak, Akuntansi Bisnis, Digital Media, Desain Komunikasi Visual (DKV), Desain Interior, Ilmu Komunikasi dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

Dalam kesempatan kali ini, Prof. Ir. Rolly Intan, M.A.Sc., Dr.Eng., sebagai inspektur upacara menyampaikan prestasi yang berhasil diraih anak bangsa. Mengutip dari perkataan Ir. Soekarno, “Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan ku cabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan ku guncangkan dunia.” Rolly ingin mengajak mahasiswanya untuk terus berkarya. Ia juga memberikan beberapa contoh anak muda yang sukses di kancah international, seperti sosok Rio Haryanto.

“Dari upacara kali ini, saya melihat masih banyak mahasiswa yang tidak bersikap seperti seorang pemuda yang bersumpah untuk negaranya,” papar Diana Prasetya, selaku perwira upacara. “Tampak sih dari cara mereka berdiri. Banyak yang tidak rapi dan semua terlihat dari tempat saya berdiri (depan, red).”

Tagged with:     ,

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *