Tax Workshop 2016

tax_ntr_003_wtm_rsz

Photo by Natasha Raphaella

Tax Workshop 2016

Oleh: Christabel Cheryl

Tax Workshop merupakan bentuk pelatihan yang diberikan kepada mahasiswa Program Studi (Prodi) Akuntansi Pajak. Tax workshop adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Pajak Petra (HIMAJAKTRA). Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang wajib diikuti oleh mahasiswa Prodi Akuntansi Pajak yang telah memasuki semester ke-lima. Tahun ini, tema yang digunakan ialah, “Teknik Pengisian E-Faktur dan E-Nofa.” Adapun pelatihan diberikan oleh Joseph Yulianto Gemiartha, S.E., M.M., BKP pada tanggal 21 Oktober 2016 di Ruang Konferensi 4, Universitas Kristen (UK) Petra.

Kegiatan ini terdiri dari seminar dan penyampaian materi dari pembicara serta praktek pembuatan faktur. Mahasiswa diwajibkan untuk membawa laptop untuk memudahkan proses pengerjaan pembuatan faktur. Selain itu, mahasiswa juga diberikan software secara online untuk membuat faktur.

“Saya harap setelah kalian keluar dari ruangan ini, kalian dapat membedakan apa itu faktur dan apa itu nofa,” papar Joseph.

Acara ini bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa Prodi Akuntansi Pajak untuk menghadapi dunia magang. Ketika sudah magang nantinya, mahasiswa diharapkan benar-benar mengerahkan kemampuannya, bukan malah belajar lagi dari nol. Alicia Yosefina Saputro selaku ketua kegiatan Tax Workshop 2016 berharap melalui kegiatan ini, mahasiswa 2014 memperoleh ilmu mengenai e-faktur dan e-nota.

Kegiatan ini memiliki target peserta sebanyak jumlah angkatan 2014 Prodi Akuntansi Pajak UK Petra. Namun, nyatanya peserta yang tergabung dalam workshop kali ini hanya sebanyak 68 peserta. “Kalau tidak mengambil tahun ini, kakak-kakak kelas harus ambil tax workshop tahun depan,” komentar Alicia.

Tagged with:     ,

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *