The Art of Paper Folding

melipat_rbt_002_e_wtm_rsz

Photo by Robert Aprillio

The Art of Paper Folding

Oleh: Vivian Graciela Chertian

            Hari Minggu merupakan hari libur dimana tidak terdapat aktivitas bekerja maupun belajar di universitas, sehingga lingkungan universitas menjadi sepi. Akan tetapi, pada hari Minggu, 2 Oktober 2016, adanya acara 2016 Korean Paper Folding Art membuat suasana di gedung B Universitas Kristen (UK) Petra terlihat lebih ramai. Hari libur tidak menyurutkan semangat para peserta dalam mengikuti kegiatan yang diadakan oleh King Sejong Institute Surabaya yang bekerjasama dengan The Korea Paper Culture Foundation ini.

Dalam acara 2016 Korean Paper Folding Art, peserta diajarkan seni melipat kertas ala Korea juga langsung membuatnya. Peserta dibagi dalam tiga kelas dan masing-masing kelas memiliki dua orang pengajar berpengalaman yang berasal dari Korea. Setiap kelas memiliki 15-20 orang peserta dari dalam maupun luar Petra.

Pelatihan berlangsung selama dua hari, yakni dari tanggal 1-2 Oktober 2016. Pada hari pertama, peserta belajar tentang dasar seni melipat kertas ala Korea. Pada hari kedua, peserta membuat prakarya yang akan dilombakan pada completion ceremony yang akan diadakan hari Selasa, 4 Oktober 2016. Pada completion ceremony nantinya, akan ada ahli paper folding terkenal dari Korea, Mr. Kim Young Man, yang memberikan special performance.

Selain pelatihan, ada juga 2016 K-Jongie Jupgi (Paper Folding) Art Exhibition di selasar gedung B UK Petra. Pengunjung dapat melihat beberapa hasil karya seni melipat kertas yang dibingkai dan ditata dengan rapi. Hasil-hasil karya tersebut dipamerkan selama dua hari dari tanggal 1-2 Oktober 2016.

Tagged with:     , ,

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *