Topik Timeless Pagelaran Drama “Mother, How Are You Today?”

PreviewMHAYT_MSH_0050 e wtrmk

Photo by Moses B.Hidajat

Topik Timeless Pagelaran Drama “Mother, How Are You Today?”

Oleh : Putu Ayu Intan

Preview pagelaran drama original semi-musikal persembahan Petra Little Theatre (PLT) Kamis (14/4) pukul 13.00 WIB kemarin sukses memikat hati para penonton yang merupakan tamu-tamu kehormatan UK Petra. Dihadiri oleh Birgit Steffan selaku Direktur Wisma Jerman, Stephen Walla selaku Direktur Jamu Iboe, Prof. Budi Darma selaku penulis sekaligus pengajar di Universitas Negeri Surabaya (UNESA), dan Ir. F. Jones Syaranamual, M.Eng. selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Kristen Petra, pagelaran drama ini mengangkat topik keluarga dengan judul “Mother, How Are You Today?”. Lalu, bagaimana tanggapan Birgit Steffan terhadap pagelaran drama ini?

“Saya sangat suka topiknya. Timeless. Mengungkap masalah antara ibu dan anak yang umum terjadi di semua generasi,” ungkap Birgit atas kesan pertamanya tentang pagelaran drama tersebut. Menurutnya, topik keluarga dapat menyentuh hati banyak orang karena semua orang punya keluarga. “Saya bisa melihat dan belajar dari perspektif sang ibu dan dari sang anak juga.”

Alur cerita “Mother, How Are You Today?” ini menampilkan setting tradisional Indonesia yang cukup jarang dilihat di zaman modern ini, seperti gaya rumah lama, minuman jamu, atau makanan ringan yang biasa dijual di warung kopi yang sudah jarang ada. “Drama ini mengundang kita untuk berpikir dan belajar bahwa tidak seharusnya kita malu pada gaya tradisional orangtua kita. Sebagai generasi muda yang modern, seharusnya kita mampu membuat tradisi kita menjadi hal yang modern dan bisa hidup seiring zaman juga, bukan merasa risih dengan orangtua kita dan meninggalkan tradisi sendiri,” jelas Birgit memaparkan perspektifnya.

Cerita tentang keluarga pasti tidak lepas dari kasih sayang di dalamnya, dan ini menginspirasi Birgit untuk menggarisbawahi satu hal: “Meskipun orangtua kita tidak mengungkapkan kasih sayang mereka dengan berkata I love you, tapi orangtua selalu punya caranya sendiri untuk menyayangi kita dengan merawat kita.”

Drama original semi-musikal apik ini dibuka untuk umum pada April 21-23. Keterangan lebih lanjut dan tiket bisa diperoleh di studio PLT, gedung B lantai 2, atau melalui Astari (082230192240).

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *