Berbagi Cerita Seputar COP

coppart22wwtm

By: Ignacia Ardelia

Halo sobat GENTA! Sobat GENTA pasti sudah tau kalau yang berbeda pada Atrium W atau yang biasa dikenal dengan kolam jodoh ini kan? Dalam 2 minggu terakhir ini kolam jodoh disulap menjadi miniatur Desa COP (Community Outreach Program) sebagai tempat promosi program COP 2015. COP ini adalah program Darma Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, serta Pengabdian kepada masyarakat sekaligus dalam satu kegiatan yang diselenggarakan oleh Universitas Kristen Petra.

COP yang memasuki tahun penyelenggraan yang ke 20 pada tahun 2015 ini mengambil tema Keep Blessing the Nations. COP ini diselenggarakan di dua kota yang berbeda yaitu di Mojokerto pada tanggal 10 Juli-4 Agustus 2016 dan di Kupang pada tanggal 20 Juli – 4 Agustus 2016. Untuk mengupas tuntas mengenai COP dan bagaimana dampak COP bagi mahasiswa pada hari Jumat, 30 Oktober 2015 di Desa COP (Atrium W) diselenggarakan COP Talk Show.

coppart2wwtm

Pada Talk Show yang bertema “How COP Changed My Perspective on Life” ini mendatangkan Azumi Naruse yang merupakan alumni COP dari International Christian University, Japan , Jessica yang adalah alumni COP Mojokerto 2015 dan Christoper yang adalah alumni COP Kupang 2015. Dalam Talk Show ini para narasumber berbagi dan menjawab pertanyaan tentang bagaimana pengalaman mereka menjalani COP. Seperti menjawab pertanyaan apakah keuntungan dari COP “COP ini memberikan saya kesempatan untuk bertemu banyak teman yang tidak hanya dari Indonesia tetapi juga dari luar negeri. Selain itu saya benar-benar belajar melayani.” ujar Christoper.

COP memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk live-in dengan masyarakat di desa dan dari sana diharapkan mahasiswa dapat belajar nilai-nilai kehidupan, belajar melayani, dan berinteraksi dengan masyarakat dan para peserta COP lainnya. COP ternyata memberikan kenangan tersendiri bagi Azumi “Masyarakat di desa sangat baik dan ramah. Mereka sangat perhatian dan menganggap saya seperti keluarga”.

Mendengar bagaimana sharing yang diberikan para alumni, COP memang memberikan banyak dampak positif bagi mahasiswa. Bukan hanya sekedar belajar hidup sederhana tetapi mahasiswa juga diajarkan melayani agar bisa berdampak bagi lingkungan. Nah bagimana sobat GENTA, berminat mengikuti COP?

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *