Pantomime to Funtomime

Salah satu adegan yang turut serta memeriahkan acara FUNTOMIME 25 April 2015. GENTA-HANA
Salah satu adegan yang turut serta memeriahkan acara FUNTOMIME 25 April 2015. GENTA-HANA

Salah satu adegan yang turut serta memeriahkan acara FUNTOMIME 25 April 2015. GENTA-HANA

Hai Sobat Genta! Pada tanggal 17-25 April 2015 lalu, diadakan acara “Funtomime.” Sebelumnya, kegiatan serupa sudah diadakan sebanyak dua kali di Jakarta. Rangkaian acara “Funtomime” Surabaya berjalan selama delapan hari dan dibuka dengan bazar  tanggal 17-19 April 2015.  Tujuan bazar ini adalah untuk memberi gambaran tentang pantomim yang kerap kali tercampur dengan seni lain seperti badut.

Kali ini Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Teater Universitas Kristen (UK) Petra bekerjasama dengan Teater Broomstick, Maestro Pantomime Indonesia, yaitu Septian Dwi Cahyo dan Louis Lie. Tema Funtomime dipilih karena acara ini ingin dibawakan dengan fun dimana para seniman mimers sendiri menunjukkan kalau pantomim itu tidak susah dan menyenangkan untuk dinikmati. Kemudian ada pula acara workshop yang dibawakan oleh Septian Dwi Cahyo  di Hotel  Midtown Surabaya pada tanggal 24 April 2015.

Sementara itu, ketua acara kali ini adalah Janice Budihartono yang merupakan alumni dari UK Petra dan malam puncak Funtomime dilaksanakan tanggal 25 April 2015 bertempat di Hall Ciputa World. Menurut Eric Aditya, selaku wakil ketua panitia dari Program Studi Ilmu Komunikasi angkatan 2013, “Ini jadi ajang pembuktian UKM Teater karena UKM Teater biasanya mengisi acara hanya di UK Petra seperti Bulan Olahraga Mahasiswa (BOM) dan Welcome Graceful Generation (WGG), hanya bawa cerita lucu lalu tampil. Menurut ketuaku, ini bukan tujuan UKM teater. Sebenernya UKM Teater itu ga cuma komedi dia juga punya naskah yang dimainkan secara serius, realis, monolog dan sebagainya. Cerita yang bagus akan ditampilkan,” paparnya.

Tari tradisional Reog Ponorogo juga turut serta dalam acara FUNTOMIME yang diselenggarakan pada 25 April 2015 di Ciputra World. GENTA-HANA

Tari tradisional Reog Ponorogo juga turut serta dalam acara FUNTOMIME yang diselenggarakan pada 25 April 2015 di Ciputra World. GENTA-HANA

Bagi Sobat GENTA yang ingin mengetahui lebih lanjut malam puncak Funtomime, penulis akan menceritakan sedikit pengalaman yang ada disana. Kala itu, ada beberapa orang berwajah serba putih dengan kostum unik berjalan menyambut para pengunjung. Tidak seperti ushers lain mereka menyambut dengan gerakan tanpa kata-kata. Banyak dari penggunjung yang memanfaatkan kesempatan ini untuk berfoto dengan mereka di photobooth yang sudah tersedia. Pukul 19.00 WIB, acara dibuka dengan cerita lucu tentang guru dan tiga muridnya yang konyol lalu dilanjutkan dengan tarian tradisional. Drama keluarga menjadi acara selanjutnya dimana keluarga seringkali menjadi prioritas nomor dua di tengah keluarga. Drama tersebut dikolaborasikan dengan tarian tradisional, wushu, dance modern, reog, tari Pucang Anom dan pertunjukan dari Maestro Pantomime Surabaya dan Jakarta oleh Septian Dwi Cahyo serta Louis Lie. Acara dilanjutkan dengan drama dengan memakai bayangan dan lagu yang menceritakan kehidupan remaja sekarang. Lalu acara diakhiri Septian Dwi Cahyo dengan mengajak para pengunjung untuk bermain bersama dan ada pembagian doorprize bagi yang beruntung.

Foto:

About the author /


1 Comment

  1. lasealwin

    Yang penting happy. Event seperti ini bagus untuk mengembangkan bakat. Kapan ya acara yang sama diadakan. Terimakasih

Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *