UK Petra Raih Prestasi di CarakaFest 2014

Caraka_djito

Caraka_all

           SURABAYA-SURYA ”Menjadi suatu kebanggaan bagi Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Kristen (UK) Petra bisa meraih gelar ”Caraka of The Year 2014,” ajang kreatif mahasiswa se-Indonesia,” ujar Deddi Duto Hartanto S. Sn., Msi., salah seorang dosen sekaligus mentor bagi seluruh finalis lomba Carakafest 2014.  Seluruh peserta memiliki peserta untuk mendapat pengharagaan bronze, silver dan gold pada empat kategori perlombaan yang telah ditentukan. Adapun empat kategori produk perlombaan dari klien perusahaan diantaranya adalah Harian Suara Merdeka, Hak Kekayaan Intelektual dari Kementrian Hukum dan HAM Republik Indonesia, Bloomberg TV Indonesia dan Datsun Indonesia. Di dalam setiap produk juga terdapat jenis perlombaan yang dilombakan seperti TV Commercial, Radio and Print Advertising, Unconventional Media, Integrated Campaign dan Digital Activation. Sementara itu, untuk universitas yang mendapat akumulasi poin terbanyak berhak mendapat apresiasi Caraka of The Year.

           Setiap peserta berhak memilih brief dari setiap klien yang dilombakan dan dapat mengirimkan karya sebanyak-banyaknya. Di UK Petra sendiri, Deddi mengaku menyeleksi peserta yang akan mengikuti lomba ini. Namun, tidak menutup kemungkinan bagi peserta lain yang tidak terpilih seleksi dapat mendaftarkan diri pada ajang ini. Persiapan matang telah disiapkan oleh Deddi beserta beberapa dosen serta alumni pemenang CarakaFest tahun lalu untuk menggembleng finalis setiap hari di luar jam kuliah mulai dari pukul 18.00 hingga selesai. Deddi tidak membatasi kreasi para peserta, ia memberi asistensi mengenai pemahaman masalah  kepada para peserta didiknya dari UK Petra beserta solusi agar konsumen tidak hanya memahami pesan di luar saja, tetapi juga pesan di dalam produk yang dilombakan.

           Delapan piala telah berhasil diraih UK Petra, seperti Steven Gunawan yang mendapat penghargaan silver dan gold untuk brief  Bloomberg TV Indonesia kategori print ad dengan judul karya #peluangbagus, dan Vincentius Bobby Hartono yang meraih penghargaan silver untuk brief Datsun Indonesia kategori unconventional media dengan judul karya ”Cuti 9 Bulan” dalam bentuk kalender. Ada pula Fransisca Danna dan Lidya Hartanto yang mendapat penghargaan bronze untuk brief  Suara Merdeka dengan kategori radio ad berjudul ”Ojo Setengah-Setengah Datang Tak Dijemput Pulang Tak…”

           Ketika Awarding Night berlangsung di  Patra Jasa Convention Hall, Semarang  pada (20/12), seluruh finalis dari UK Petra serermpak menggunakan busana berwarna hijau dan menyebut kelompoknya sebagai “Bonek Advertising.” Akhirnya, antusiasme dan optimisme para finalis tersebut membuahkan hasil pada ajang yang diselenggarakan oleh Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) tersebut.  (Beata Anandika)

Foto:

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *