CEC UK Petra Rayakan Ulang Tahun Dengan Seminar Komunitas Bisnis

DSC_0360

DSC_0381

           Pada Jumat Sabtu, 23-24 Januari 2015 lalu, Continuing Education Center (CEC) Universitas Kristen Petra (UKP) merayakan ulang tahun ke-24 dengan mengadakan seminar-talkshow bertajuk  Build Courage Through Literacy. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menjalankan visi misinya untuk memajukan dan memberdayakan masyarakat, sekaligus untuk memberi bekal masyarakat menjelang Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Kegiatan ini berlangsung dari pukul 09.30 hingga pukul 15.00 WIB di Auditorium UK Petra.

           CEC UK Petra juga mengadakan grand launching atas terbentuknya komunitas usaha bisnis atau Young Entepreneurs Community (YEC) dan Investor Community (IC). YEC merupakan komunitas yang dibentuk untuk berani membangun dan menjalankan usaha bisnis dengan ide orisinil melalui pelatihan secara berkala. IC merupakan sebuah komunitas yang membuat pribadi per pribadi mengenal lebih dalam mengenai dunia investasi dengan pemberian materi literasi yang benar dan berbobot. Tujuan adanya IC adalah agar ilmu yang didapat dapat diaplikasikan dan dijadikan bekal secara ekonomi di hari tua.

“Ide adanya komunitas usaha ini berawal dari visi misi UK Petra yakni sebagai kampus yang peduli dan global. CEC berusaha menjembatani kebutuhan pelatihan dan pembelajaran berkelanjutan untuk masyarakat,” ujar Pwee Leng, S.E., M.Kom, selaku Kepala Pusat Program Pendidikan Berkelanjutan UK Petra Surabaya. Pwee Leng juga menambahkan ide yang terealisasi ini bertujuan untuk mencerdaskan bangsa serta menyejahterakan masyarakat. “Kalau masyarakat tidak pernah tau, tidak pernah mengerti, maka masyarakat tentu tidak bisa maju” tandasnya.

           Dalam kurun waktu dua hari, kegiatan ini dibagi menjdai beberapa sesi dengan pembicara yang berkompeten di bidang masing-masing. Hari pertama, seminar dibuka dengan topik Technopreneurship yang dibawakan oleh Prof. Rolly Intan, M.A.Sc., Dr. Eng selaku Rektor UK Petra dan dilanjutkan oleh Drs. Devie, Ak., M.M selaku dosen Program Akuntansi Bisnis UK Petra dengan topik Bussines Model. Konsep Technopreneurship terlahir karena adanya ide orisinal suatu bisnis. Kata “tekno” bukan berarti usaha bisnis dengan fokus utama di bidang IT, melainkan teknologi tersebut merupakan bahan pelengkap untuk meningkatkan usaha.

           Pada hari kedua, topik seminar yang diangkat mengenai strategi pemasaran untuk memberi nilai tambah terhadap usaha bisnis produk dan jasa. Nilai tambah tersebut dapat dikembangkan dengan menambah nilai properti yang didukung dengan bidang-bidang ilmu seperti ekonomi, seni dan desain, serta teknik sipil dan perencanaan. Selain seminar dan talkshow terdapat pameran industri dari beberapa fakultas di UK Petra, konsultasi usaha bisnis dan pameran studi jenjang S2 di depan Auditorium. Nantinya, para peserta komunitas usaha bisnis yang telah terdaftar, seperti usaha bisnis bidang bisnis online, gerai fashion dan institusi pendidikan akan menerima pelatihan perdana pada 27 Februari 2015 mendatang dalam waktu satu tahun. (Beata Anandika)

Foto:

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *