Peringati Hari Sumpah Pemuda, UK Petra Adakan Upacara dan Pemberian Penghargaan

7

           Tanggal 28 Oktober merupakan tanggal yang sudah tidak asing lagi bagi bangsa Indonesia. Mengapa? Karena tanggal 28 Oktober merupakan hari Sumpah Pemuda yang merupakan bukti otentik semangat perjuangan pemuda Indonesia tahun 1928 silam.

           Pada hari Selasa, 28 Oktober 2014, Universitas Kristen Petra(UK Petra) menggelar upacara hari Sumpah Pemuda ke-86 bertempat di lapangan hijau. Peringatan hari Sumpah Pemuda tahun ini mengangkat tema “Membangun Soliditas Pemuda Maju dan Berkelanjutan”. Tema itu sendiri memiliki makna khusus.“Karena dengan semangat Sumpah Pemuda, kita sebagai pemuda dan pemudi harus siap mewujudkan Indonesia hebat. Dengan semangat itu juga kita wujudkan pemuda yang bersatu, berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing,” ujar Winny Pangestu selaku anggota dari panitia upacara. Upacara ini diikuti oleh mahasiswa baru (maba), mahasiswa lama (mala), dan Lembaga Kemahasiswaan (LK) dari setiap Program Studi (Prodi) serta anggota-anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Paduan Suara.

           Dalam upacara ini, yang berperan sebagai Inspektur Upacara adalah Agus Arianto Toly S.E.,Ak.,M.S.A. Sedangkan Komandan Upacara adalah Hadian Akbar Maulana Prodi Teknik Sipil angkatan 2013 serta Perwira Upacara yakni Vellycia Njoko Prodi Ilmu Komunikasi angkatan 2013. “Tujuan dari upacara ini agar rasa nasionalis para mahasiswa saat ini bisa meningkat. Kalau para mahasiswa ikut upacara ini berarti mereka menghargai para pahlawan yang sudah berjuang demi bangsa ini. Saya pernah mendengar quotes, bangsa yang besar adalah bangsa yang mampu menghargai jasa para pahlawan,” jelas Winny.

           Di tengah upacara yang sedang berlangsung, terdapat pemberian penghargaan kepada sepuluh persen mahasiswa berprestasi dalam bidang akademik yang memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi dari setiap jurusan angkatan 2013-2014. Setiap Prodi akan diwakili oleh satu orang untuk menerima penghargaan yang diberikan oleh Prof. Ir. Rolly Intan, M.A.Sc. , Dr. Eng.,selaku Rektor UK Petra. Selain itu, upacara Sumpah Pemuda ini melibatkan maba sebagai petugas upacara.Maba tidak hanya jadi peserta tetapi bisa ikut serta dalam upacara dengan menjadi petugas,” tutup Winny, mahasiswa Prodi Ilmu Komusikasi itu. (Vivi)

Foto: Hana

About the author /


1 Comment

Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *