Belajar Untuk Maju Dan Berkembang Bersama

foto bersama UC - UK Petra

“Tak Kenal Maka Tak Sayang” …

           Begitulah bunyi pepatah jaman dulu yang mengajarkan kita untuk mengenal lebih dulu baru menilainya. Mengenal bukan berarti kita harus menilai dan mengomentarinya. Mengenal dapat berarti bahwa kita saling belajar satu sama lain untuk maju dan berkembang bersama. Maju dan berkembang menuju masa depan yang lebih baik dari sebelumnya. Sama halnya dengan kegiatan studi banding yang diadakan oleh Universitas Kristen Petra (UK Petra) pada Sabtu, 31 Mei 2014 lalu. Kegiatan yang diadakan dengan tujuan saling berbagi pengalaman dan informasi seputar kegiatan dan aktivitas organisasi universitas.

          Studi Banding yang diadakan oleh UK Petra kali ini mengundang Universitas Ciputra sebagai tamu utama mereka serta beberapa perwakilan dari Lembaga Kemahasiswaan UK Petra sendiri. Tidak banyak rangkaian kegiatan yang ada dalam acara studi banding ini, tetapi banyak ilmu dan sharing pengalaman yang dapat dipelajari disini. Melalui sesi pertama, yaitu pemaparan dan pengenalan tentang bagaimana kinerja dari BEM, MPM dan juga beberapa lembaga kemahasiswaaan baik di UK Petra maupun Universitas Ciputra. Diawali dengan pengenalan dan pemaparan seputar BEM UK Petra oleh Raymond Halim, Mahasiswa Prodi Manajemen Marketing 2012 selaku public relations. Dalam presentasinya Raymond mengatakan bahwa tujuan dari BEM UK Petra disini bukan hanya bertumbuh dan berkembang dalam bidang non-akademis tetapi juga dalam bidang akademis, terutama bertumbuh dalam Tuhan.

penjelasan dari perwakilan MPM UK Petra

            Setelah pemaparan dari Raymond, dilanjutkan dengan pengenalan seputar MPM UK Petra oleh Michael Wangsa, Mahasiswa Prodi Desain Interior 2011 selaku wakil ketua MPM Bidang I. Kemudian dilanjutkan dengan pengenalan seputar PERSMA yakni lembaga yang bergerak dalam bidang pers mahasiswa oleh Thomas Benmetan, Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi 2012 selaku koordinator reporter cetak majalah Genta.

penjelasan dari Persma Genta UK Petra

           Tidak hanya perwakilan dari UK Petra saja yang melakukan sharing seputar lembaga kemahasiswaan ditingkat universitas. Tetapi Universitas Ciputra juga berkesempatan untuk sharing seputar kegiatan universitasnya juga perkembangan BEM yang disampaikan oleh Richard dari Prodi IBM 2011 selaku President of Student Council dari Universitas Ciputra. “Saya dan teman-teman masih ingin belajar banyak seputar kegiatan BEM dan juga prosedur kegiatan yang ada kepada kalian, karena kalian adalah senior kami dan BEM di Universitas Ciputra pun terhitung baru dan masih perlu banyak belajar”, tutur Richard dengan tegas. Sesi kedua ialah sesi tanya jawab. Banyak pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa Universitas Ciputra kepada beberapa perwakilan LK UK Petra.

penjelasan dari pihak Universitas Ciputra

        Tidak dengan cara yang instan untuk memperoleh hasil yang sempurna, tetapi melalui proses pembelajaran dan pengalaman. Seperti yang dikatakan oleh Lanny Vindiana Mahasiswa Prodi Sastra Inggris 2010 selaku koordinator departemen public relations BEM UK Petra, “Kita pasti membutuhkan orang lain dalam setiap kehidupan, sama halnya dengan studi banding ini dilaksanakan bukan hanya untuk menunjukkan bahwa kita baik, tetapi kita juga mau saling berbagi pengalaman dan informasi dengan orang lain, dengan universitas lain serta berproses bersama untuk menjadi yang terbaik.” (Yul)

sesi penukaran cinderamata

sesi penukaran cinderamata

Foto: Vicky

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *