Seminar Dare to Fail

Seminar Dare to Fail - Persma Genta

            Pada 2 Mei 2014 lalu, diadakan seminar yang bertema Dare to Fail. Acara yang bertempat di Audio Visual Gedung T 501 ini mengundang tiga orang pembicara, yaitu Agus Sanetyo selaku pemilik Mie Mapan, Arieftanto selaku pemilik Keupee Bubble Tea, dan Richard Tjahariyanto selaku pemilik KVH Coffee Shop. Hadir pula empat Dosen Universitas Kristen Petra, diantaranya Roy Setiawan, S.Kom., M.M., M.SM selaku Ketua Program Studi (Prodi) Manajemen Bisnis, Ratih Indriyat, S.E., M.M selaku Sekretaris Prodi Manajemen Bisnis, dan Dhyah Harjanti, S.E., M.Si selaku Dosen Mata Kuliah Inkubasi Bisnis, serta Miss Felicia Goenawan, S.E., M.Si selaku moderator dari acara tersebut.

Pembicara dan moderator

              Tidak ada kegiatan yang berlangsung tanpa suatu alasan. Sebagian besar orang, salah satunya mahasiswa, tidak berani membuka bisnis sendiri akibat takut gagal. “Padahal kita tahu bahwa setiap bisnis itu pasti ada faktor kegagalan dan kita tidak dapat menghilangkan itu, tapi kita dapat meminimalisasi faktor kegagalan tersebut,” ujar Andre Setiawan, selaku Ketua Panitia. Tujuan dari acara ini sendiri ialah ingin memberitahukan apa saja kemungkinan kegagalan dalam berbisnis dan bagaimana cara mengurangi terjadinya hal tersebut. Hal ini diperlukan sehingga nantinya peserta dapat mengerti dan mempersiapkan diri menghadapi kegagalan tersebut. “Dengan adanya acara ini diharapkan dapat membantu mahasiswa untuk berani membuka bisnis, lewat wawasan yang sudah diberikan oleh ketiga pembicara tersebut,” lanjutnya.

           Pada kegiatan ini, pembicara diminta untuk memperkenalkan bisnis mereka masing-masing. Menjelaskan apa yang menjadi ciri khas dari produk yang mereka jual. Selain itu dijabarkan pula tantangan–tantangan apa saja yang mereka hadapi dalam berbisnis serta cara mengatasinya. Diketahui, ketiga pembicara tersebut bukan dari Prodi Manajemen Bisnis ataupun Fakultas Ekonomi, tetapi ingin membuka bisnis sendiri. Selain menyampaikan dan menjawab pertanyaan moderator, pembicara juga menjawab pertanyaan peserta.

             Dari sesi terakhir dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam berbisnis, diperlukan goal dan vision. Selain itu jangan pernah berhenti untuk belajar dan berinovasi, serta mempertahankan kualitas produk. Perlu diperhatikan bagi yang memiliki bisnis keluarga untuk mampu berkomunikasi, negosiasi, dan menjaga hubungan dengan baik. Kemudian memperhatikan keuangan dan struktur kepemimpinan dalam bisnis yang dijalani.

Suasana seminar

          Selain mengundang tiga pembicara, dimeriahkan pula dengan penampilan dari Rocket Stomp, yang membawakan penampilan perkusi. Ada pula games dan doorprize yang dibagikan kepada peserta. (Ast)

Suasana peserta

Foto: Hana

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *