Aku Untuk Indonesia 2014

Penyampaian pendapat dari kelompok Universitas Brawijaya

         Jumat, 21 Maret lalu, merupakan hari ketiga Lomba Aku Untuk Indonesia (AUI) 2014. Acara yang berupa lomba debat dalam Bahasa Inggris ini dilaksanakan di Gedung B lantai 4 Universitas Kristen Petra (UK Petra) dengan tema Building Characteristics of Indonesia’s Young Generation. Tema ini ingin menunjukkan pada anak muda sekarang untuk lebih memahami permasalahan yang ada di Indonesia. “Jadi kami tidak mau hanya membahas sesuatu yang general, kami lebih berfokus pada membangun karakteristik dari young people di Indonesia,” ujar Felix, Ketua Panitia AUI 2014. Mahasiswa Program Studi (Prodi) International Business Management (IBM) ini menyatakan tujuan diadakannya acara ini diantaranya ingin memberi wadah bagi mereka yang menyukai debat, karena peserta debat di Indonesia sendiri sudah cukup bagus, bahkan hingga ketingkat internasional. “Kami berharap dengan penyelenggaraan AUI ini dapat memberi kesempatan lebih bagi mereka. Dan karena acara ini bersifat nasional, jadi mereka (peserta) bisa berkompetisi tidak hanya dari dalam kota tetapi juga luar kota,” tambahnya. Untuk peserta yang mengikuti lomba ini ada sembilan belas tim dari lima provinsi diantaranya Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Bali, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Peserta dari kelompok Universitas Pembangunan Nasional Yogyakarta

         Hari pertama, diadakan penyisihan atau disebut juga preliminary round. Hari kedua diadakan quarter final dan semi final. Serta hari terakhir (Jumat) diadakan grand final dan perebutan juara 3. Untuk hari ketiga ini, topik yang diangkat adalah election atau Pemilu. Tim yang bertanding pada perebutan peringkat 3 ialah Universitas Brawijaya A dan Universitas Pembangunan Nasional. Sedangkan tim yang berhasil masuk grand final adalah Universitas Gajah Mada A dan Universitas Gajah Mada B.

Penyampaian pendapat kelompok dari Universitas Brawijaya

Penyampaian pendapat dari kelompok Universitas Brawijaya

           Penilaian dilakukan oleh enam orang juri, yang diketuai oleh Vicario dari Institut Teknik Bandung (ITB) dan wakilnya Ophe dari Universitas Brawijaya. Juri lain adalah Salsabila dari Universitas Gajah Mada dan merupakan juara AUI 2013, Bobby dari Universitas Indonesia, Teguh yang merupakan pelatih debat dari Universitas Kristen Petra (UK Petra), serta Miss Sherly yang merupakan Dosen Prodi Sastra Inggris UK Petra.

Perebutan peringkat ketiga

Salah satu peserta lomba

         Kemenangan diraih oleh Tim dari Universitas Gajah Mada A. Sementara untuk runner up dan second runner up (peringkat 3) diraih oleh Tim Universitas Gajah Mada B dan Universitas Brawijaya A. (Ast)

Foto: Moses/Dokumentasi pribadi

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *