Opening Bulan Olahraga Mahasiswa 2014

Penembakan panah sebagai simbolisasi dibukanya BOM 2014

          Pada 26 Pebruari 2014 lalu, diadakan Opening Ceremony Bulan Olahraga Mahasiswa (BOM) 2014. Bertempat di Auditorium Universitas Kristen Petra, acara ini dimulai pukul 17.30WIB. Lomba olahraga yang diadakan setahun sekali ini, pada tahun ini mengangkat tema “Hunger Games : Endure The Pain and Break The Challenge.”

        Opening Ceremony dimulai dengan pemutaran video pembukaan. Kemudian dilanjutkan dengan perarakan oleh masing-masing perwakilan dari Himpunan Mahasiswa (HIMA) selaku peserta BOM. Untuk menyesuaikan dengan tema yang diangkat tahun ini, tim – tim yang bertanding disebut sebagai Distrik. Pada tahun ini akan ada delapan belas Distrik yang bertanding dan delapan cabang olahraga, diantaranya basket putra dan putri, badminton putra dan putri, voli putra dan putri, catur, renang, sepakbola, futsal dan tenis meja.

           Acara dilanjutkan dengan doa pembukaan oleh MC dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua BOM 2014, Albert Kent. Mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Sipil ini menyampaikan alasan pemilihan tema, yaitu agar setiap perwakilan distrik benar-benar memiliki semangat juang yang tinggi untuk bertanding dan mengeluarkan setiap kemampuan dan talentanya dibidang olahraga. Dilanjutkan pula dengan sambutan oleh Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) 2013-2014, Lindawati Tjioe. Mahasiswi Prodi Teknik Arsitektur ini menyampaikan bahwa BOM ini adalah salah satu acara besar di UK Petra. Oleh karena itu dimohon kepada para mahasiswa untuk turut berpartisipasi. Selain itu, mahasiswi angkatan 2010 ini juga menyampaikan permohonan maaf akibat pendaftaran BOM yang terbilang cepat karena alasan tertentu. Ia juga menyampaikan agar para peserta melakukan yang terbaik untuk BOM tahun ini dan jangan melihat menang atau kalah, tetapi lihatlah proses selama mengikuti kegiatan ini. “Dan juga karena BOM ini merupakan satu-satunya ajang dimana kalian dapat mengangkat kebanggaan akan prodi kalian masing-masing,” sambungnya. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ir. Frederik Jones Syaranamual, M.Eng. selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan. Beliau menyampaikan bahwa semua pasti ingin menang, itulah yang disebut sebagai kompetisi. Kompetisi sportif harus dilakukan dan dilaksanakan secara sportif. “Dibalik menang atau kalah, yang penting adalah adanya suatu kesatuan mengenal satu prodi dengan prodi yang lain,” ujar beliau. Beliau juga mengatakan untuk tetap menjaga sportifitas dan raihlah prestasi yang terbaik.

Sambutan oleh Pak Jones selaku WR3

           Setelah itu, acara dilanjutkan dengan penembakan anak panah oleh Ketua BOM 2014 sebagai simbol bahwa acara BOM 2014 resmi dibuka. Ada pula penampilan dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Teater yang membawakan cerita Hunger Games. Kemudian acara dilanjutkan dengan drawing slot yang terbagi menjadi dua sesi. Dengan adanya teater bersambung pada pertengahan cerita, penonton dibuat penasaran akan sesi ini. Setelah itu dilanjutkan lagi dengan sesi kedua drawing slot. Kemudian dilanjutkan dengan games sport bulaga. Peserta yang bermain adalah salah satu perwakilan dari tiap distrik. Cara bermainnya ialah peserta harus menebak jawaban yang ada di layar tanpa melihat ke layar. Kemudian bagi mereka yang tidak bermain harus menjawab tebakan peserta yang bermain dengan menjawab “ya”, “tidak” atau “bisa jadi”. Pemenang dari permainan ini adalah perwakilan dari Distrik 10 (Himakomtra). Dilanjutkan dengan pengumuman hasil drawing slot dan beberapa pengumuman lain. Ditutup dengan doa oleh MC pada pukul 19.20WIB. (Ast)

Penembakan panah sebagai simbolisasi dibukanya BOM 2014

Penampilan teater

Foto: Dokumentasi pribadi

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *