SEMESTER BARU, SEMANGAT BARU

presentation - Persma Genta

           Halo Sobat Genta! Memasuki semester baru ini, tentunya hasil belajar kita selama satu semester lalu sudah kita ketahui. Bagi yang nilainya masih belum memuaskan, mungkin masih perlu memperbaiki cara belajarnya. Dan bagi yang nilainya sudah memuaskan, mungkin tips-tips ini dapat berguna sebagai acuan apakah cara belajar kalian sudah efektif atau belum. Berikut adalah beberapa tips belajar efektif.

1.      Pelajari lebih dulu bab atau materi yang akan dibahas

Dengan mempelajari terlebih dahulu, kita akan mendapat gambaran tentang apa yang akan dibahas nantinya saat kelas. Itu memudahkan kita untuk menangkap materi yang diberikan. Selain itu, kita dapat mempersiapkan pertanyaan-pertanyaan lebih dulu, sehingga ketika ada sesi pertanyaan, kita tidak bingung untuk bertanya.

2.      Cermat saat kuliah

Bila perlu catatlah setiap penjelasan dosen yang penting menurut kita. Catatlah dengan menggunakan bahasa kita sendiri agar lebih mudah dipahami. Catatan ini mempermudah kita dalam belajar. Dengan mencatat, memori kita telah menyimak, mengingat, dan menulis kembali apa yang telah dijelaskan oleh dosen.

3.      Malu bertanya, sesat dijalan!

Bertanyalah jika masih belum memahami materi yang disampaikan. Jangan pernah merasa takut akan dicap sebagai murid sok rajin dan sebagainya. Siapa tahu ada materi yang tidak dijelaskan jika tidak ada yang bertanya.

4.      Ulangi bahan pelajaran

Jangan pernah malas untuk membaca ulang catatan atau materi yang diberikan dosen setiap harinya. Luangkan waktu paling tidak tiga puluh menit sampai enam puluh menit setiap harinya untuk sekedar membaca ulang. Agar materi yang tadinya disampaikan lebih mudah diingat dan mempermudah belajar saat ujian.

5.      Kenali tipe belajar

Ada tiga jenis tipe atau gaya belajar, antara lain: visual, auditori, dan kinestetik. Tipe belajar visual adalah mereka yang belajar dengan melihat atau membaca. Biasanya orang dengan tipe visual, senang duduk di barisan depan saat kuliah. Sementara tipe auditori adalah mereka yang belajar dengan cara mendengarkan. Tipe seperti ini tidak perlu melihat orang yang sedang memberikan penjelasan. Asal mendengar suara yang dijelaskan, mereka pasti dapat menangkap materi yang diberikan. Sementara kinestetik adalah mereka yang lebih mudah menangkap pelajaran jika diberikan contoh, atau sambil menulis poin-poin yang penting. Biasanya orang dengan tipe ini tidak mampu belajar hanya dengan duduk diam saja. Sobat termasuk tipe yang mana?

6.      Lakukan hal yang meningkatkan mood belajar

Hal ini berguna untuk mengurangi tekanan saat kita belajar, terutama saat belajar untuk Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester. Misalnya belajar sambil mendengarkan musik, belajar sambil nyemil, atau tidur sebentar sebelum belajar. Tapi tetap saja jangan sampai kita keasikan bersantai dan lupa belajar.

7.      Belajar bersama dalam kelompok kecil

Belajar bersama seperti ini akan memudahkan kita dalam menangkap pelajaran. Karena biasanya penjelasan teman sendiri akan lebih mudah dipahami. Apalagi jika dalam kelompok kecil tersebut ada satu mahasiswa yang tergolong pintar. Selain itu belajar bersama juga tidak membuat kita tertekan karena kita bisa bercanda atau mengobrol disela-sela belajar, asal tetaplah fokus.

8.      Hindari SKS (Sistem Kebut Semalam)

Sistem SKS menyebabkan kita belajar dalam keadaan tertekan sehingga apa yang kita pelajari belum tentu dapat kita serap dengan baik. Selain itu sistem SKS juga mengurangi waktu istirahat kita yang sebenarnya sangat kita perlukan bila sedang ujian.

Dan jangan lupa satu hal yang paling penting, berdoa. Percayalah bahwa apapun usaha yang sudah kita lakukan dengan maksimal bila kita serahkan semuanya pada Tuhan, hasilnya pasti baik dan di luar dugaan kita. Sekian tips-tips belajar efektif, semoga bermanfaat buat para Sobat.

 

Sumber: Pers Mahasiswa GENTA

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *