Mengenal Dunia Bisnis di IBM Business Competition 2014

IBM Competititon 2014 - Persma Genta

            Program Studi International Business Management (IBM) kembali mengadakan sebuah kompetisi bisnis yang ditujukan bagi siswa-siswi SMA/Sederajat yang memiliki ketertarikan dalam dunia bisnis. Acara yang berlangsung dari tanggal 5-8 Pebruari ini tidak hanya ingin memperkenalkan Prodi IBM Universitas Kristen Petra, tetapi juga memberikan pengetahuan lebih bagi peserta. “Acara ini adalah kompetisi bisnis yang berbeda dan penuh inovasi.” ungkap ketua panitia, Yoga Gunawan. “Kompetisi yang nggak cuma memberikan keseruan tapi juga knowledge yg diberikan ke peserta.” tambahnya.

Trofi kemenangan

            Kompetisi ini dibagi menjadi tiga babak. Pertama ada Land Investment Games. Dalam babak ini, masing-masing tim yang beranggotakan tiga orang diberi modal lima puluh juta IBMDollar. Peserta harus bisa mengumpulkan empat ratus juta IBMDollar untuk membeli Gold Land dengan melakukan jual-beli tanah di delapan negara yang sudah disiapkan panitia. Harga tanah akan berubah-ubah sesuai dengan keadaan negara itu dan juga perubahan kurs mata uang tiap negara. Untuk jual-beli, peserta harus menjawab pertanyaan terlebih dahulu meliputi ekonomi, matematika, pengetahuan umum, general business, dan finance akuntansi. Peserta yang berhasil membeli Gold Land akan lolos ke babak berikutnya.

Dewan juri

            Babak kedua adalah Business Race. Sebanyak dua puluh tim yang lolos ditemani oleh guardian akan berkeliling dari UK Petra ke Surabaya Town Square (Sutos), Club House Graha Family, PTC, dan Loop. Dari dua puluh tim akan dieliminasi menjadi sepuluh tim. Sepuluh tim yang lolos ini akan melanjutkan pertandingan di Ciputra Waterpark. Disana mereka akan dieliminasi lagi hingga tersisa enam grup.

Penawaran kepada pelanggan di Restoran Paradise Dynasty

            Dibabak terakhir ada Marketing Plan Execution. Enam tim yang lolos harus membuat report marketing plan untuk produk Sushitei, Paradise Dynasty, dan Bakerzin. Peserta akan menjadi trainee dan mereka harus melakukan marketing plan serta mempresentasikannya. “Disini peserta benar-benar bekerja pada restoran tadi. Dengan begitu mereka bisa mendapat pengetahuan lebih dan juga pengalaman.” tutup Yoga. (Mei)

Penyerahan trofi kepada para pemenang

Foto: Vicky

About the author /


2 Comments

  1. sbo222 wap

    That is very interesting, You are an excessively professional blogger.
    I have joined your feed and sit up for in the hunt for extra of your great post.

    Also, I’ve shared your site in my social networks

  2. business representative

    Thanks for sharing such a pleasant thought, paragraph is pleasant,
    thats why i have read it entirely

Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *