PENYULUHAN KESEHATAN: KEDARURATAN MEDIS

Penyuluhan Kesehatan - Persma Genta - 1

Bertempat di Gedung P Universitas Kristen Petra (UK Petra) tepatnya lantai tujuh, Unit Kegiatan Mahasiswa Korps Sukarela UK PETRA (UKM KSR) dengan kerja sama antara Pihak Palang Merah Indonesia Kota Surabaya mengadakan kegiatan Penyuluhan Kesehatan pada Jumat, 25 Oktober 2013 di ruang P702.

    Kegiatan yang berlangsung dari pukul 13.00 WIB hingga 15.30 WIB ini diawali dengan  sambutan dari Ketua BEM, Lindawati Tjioe. Pembicara tamu, Dr. Diaz dari PMI Surabaya, dengan tema menarik “Kedaruratan Medis”. Maksud dari kegiatan ini bertujuan agar menambah wawasan ilmu praktik kepada mahasiswa UK Petra dalam dunia kesehatan dan segala sesuatu yang terkait penanganan medis.

Penyuluhan kesehatan oleh anggota PMI Surabaya

       Adapun konsep materi yang diberikan diantaranya penanganan mimisan, pingsan, luka bakar, dan lainnya. Menurut Ketua Kegiatan, Beata Anandika, “Kegiatan ini perlu dilakukan agar mahasiswa tidak salah kaprah dalam menangani kejadian medis. Paling tidak mereka dapat menolong dirinya sendiri, keluarga, atau teman dekat maupun orang lain.” Pentingnya mengetahui kedaruratan medis dikarenakan belakangan ini banyak mitos tentang penanganan medis yang tidak benar mengenai kesehatan.  Contohnya ialah kasus luka bakar yang diolesi dengan odol (pasta gigi). Ternyata penanganan ini bukanlah penanganan medis yang benar.

       Mitos – mitos yang keliru tetapi tetap dilaksanakan tentu berakibat fatal bagi kesehatan bahkan mengancam keselamatan seseorang. Oleh karena itu dengan adanya acara ini semoga pengertian baik yang didengar, dipahami, dan dapat disimpan oleh peserta. Sehingga dapat membantu ketika hal – hal yang tidak diinginkan sewaktu – waktu terjadi disekeliling kita. (Ongq)

Foto: Hana

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *