Berbakat dan Membanggakan

Lomba Presenter SGTC

Setiap orang pasti memiliki talenta yang dianugerahkan Tuhan dan harus bertanggung jawab akan talenta yang kita miliki. Kita harus bisa mengembangkan dan menunjukkan kepada semua orang akan talenta yang kita miliki. Tidak hanya kepada teman-teman terdekat kita, tetapi juga kepada dunia. Percuma saja jika memiliki bakat dan talenta tetapi hanya dipendam belaka.

Josua Reno, Mahasiswa Program Studi (prodi) Ilmu Komunikasi 2013 berhasil membuktikan kepada semua orang dengan menjadi juara pertama dalam ajang Lomba Presenter SCTV Goes To Campus (SGTC) 2013. Prestasi yang sangat membanggakan bagi dirinya, orang lain, dan juga universitas. Ketika ditemui untuk diwawancara, Reno begitu panggilannya, mengungkapkan bahwa dia memang telah menggeluti dunia broadcast TV khususnya news presenter sejak kecil. Salah satu alasan mengapa dia tertarik mengikuti Lomba Presenter SGTC ini karena ingin lebih mengangkat nama Universitas Kristen Petra (UK Petra) dimata masyarakat, khususnya Prodi Ilmu Komunikasi.

Josua Reno

SGTC merupakan salah satu lomba presenter berita yang diadakan oleh pihak SCTV untuk menggali bakat para mahasiswa. Diikuti oleh 147 peserta mahasiswa yang kemudian diambil 33 finalis untuk lanjut babak semifinal dengan cara membacakan softnews. Kemudian penyeleksian berikutnya hanya mengambil sepuluh finalis untuk road to final. Proses menuju final dilakukan dengan news reporting tema bebas. Peserta diberikan sepuluh materi berita untuk dibawakan dalam news reporting keesokan harinya. Dimana saat grand final, setiap finalis mendapatkan satu kesempatan untuk memperoleh satu berita secara random serta menjawab beberapa pertanyaan dari panelis. Proses lomba yang begitu panjang dan saingan yang berat tidak menyurutkan tekad pria kelahiran 7 September 1995 ini untuk menjadi pemenang.

Berbakat dan membanggakan. Diawali dengan menjadi juara pertama dalam ajang lomba presenter berita televisi yang diadakan oleh prodi ilmu komunikasi Universitas Kristen Petra yaitu LPBT Inspire. “Tidak gampang untuk menjadi seorang pemenang. Kunci untuk bisa menjadi pemenang adalah selalu mengasah kemampuan kita dengan memperbanyak latihan, tidak pernah memandang remeh lawan yang kita hadapi, kesungguhan dan tentu menyertakan Tuhan Yesus didalam semuanya itu.” Ungkap pria kelahiran Surabaya ini.

Satu pesan yang Reno sampaikan untuk kita semua, “Kuliah itu memang prioritas utama, tetapi kita tidak hidup dengan mengandalkan hardskill saja tetapi juga dari softskill yang kita punya. Jangan pernah takut untuk mengikuti sebuah ajang perlombaan karena itu merupakan salah satu cara kita untuk mengembangkan softskill kita. Satu kunci utamanya adalah sertakan Tuhan Yesus dalam setiap langkah dan keputusan yang kita ambil.(Yul)

 

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *