PAMERAN TA MAHASISWA DKV 2013 ADIWARNA “LEVITATE”

IMG_2847

Pameran tugas akhir Mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Kristen Petra (UK Petra) diadakan pada 13 hingga 15 September 2013 bertempat di atrium Supermall. Pameran yang diikuti oleh 52 wisudawan DKV berprestasi ini diselenggarakan untuk menunjukkan hasil karya mereka. Selain itu, pameran ini juga terbuka untuk umum.

Pameran ini mengusung tema “Levitate” yang berarti melayang. “Levitate artinya melayang. Tahun ini kita ingin menunjukkan bahwa hasil karya kita ini bukan desain yang menyentuh tanah. Disini kita menunjukkan hasil karya antigravitasi karena imajinasi kita melayang.” ungkap ketua panita pameran Eunike Gondokusumo. “Acara ini juga memiliki tema besar yaitu Adiwarna. Dimana Adiwarna adalah penghargaan seperti penghargaan Adipura. Adiwarna dipilih sebagai bentuk penghargaan terhadap hasil karya mahasiswa DKV.” tambah mahasiswa DKV angkatan 2009 ini.

Karya yang dipamerkan sangat beragam. Ada sembilan kategori yaitu buku, iklan layanan masyarakat, komik, promosi, fotografi, desain kemasan, film cerita, media interaktif, dan juga skripsi. Salah satu karya yang patut diacungi jempol adalah game The Concept Gueriila. Game yang bertemakan perang gerilya ini memiliki konsep yang beda dengan karya  lainnya. “Aku membuat game ini berangkat dari permasalahan pelajaran sejarah yang kurang diminati.” ungkap si pembuat game. “Aku ingin membantu anak-anak agar menambah ketertarikan mereka terhadap pelajaran sejarah melalui game yang aku buat ini.” tambah wisudawan yang bernama lengkap Xaverius Stephan, S.Sn.

Xaverius Stephan, S.Sn bersama karyanya “The Concept Gueriila”

Penutupan dilakukan dengan memberi penghargaan terhadap para wisudawan sebagai apresiasi terhadap mereka yang telah bersusah payah mengerjakan tugas akhirnya. Turut hadir Ketua Prodi DKV, Ani Wijayanti Suhartono, S.Sn., M.Med.Kom dan sejumlah dosen pembimbing.

Dari beberapa penghargaan yang diberikan, ada satu penghargaan yaitu The Most Favorite yang penilaiannya didasarkan dari pengunjung yang datang. Penghargaan ini diberikan kepada karya yang berjudul “Perancangan Komunikasi Visual Re-Branding Sirup Siropen Telasih 1923 Hiritage JC. Van Drongelen.” “Aku sangat senang karena sudah terpilih ikut pameran dan mendapatkan penghargaan the most favorite.” ungkap Adelavina Widodo, S.Sn . “Ide ini muncul karena aku ingin menciptakan oleh-oleh khas surabaya. Dan aku memilih sirup karena aku menganggap sirup ini memiliki nilai plus.” tambah wisudawan berambut panjang ini.

Adelavina Widodo, S.Sn bersama karyanya “Syropen Syrup”

Selain itu, ada juga karya yang memperoleh dua penghargaan sekaligus, The Best Game dan The Best of The Best, yaitu Garden Gnome. “Garden Gnome adalah sebuah papan permainan yang mengusung tema bercocok tanam yang ditujukan untuk anak berusia 12 tahun keatas.” ungkap si pembuat game. “Saya tidak menyangka karya saya mendapatkan dua penghargaan sekaligus. Desain adalah selera buat saya. Saya menang bukan berarti saya yang paling bagus.” tambah wisudawan yang bernama lengkap Timothy Istianto, S.Sn.

Timothy Istianto, S.Sn bersama karyanya “Garden Gnome”

Persiapan panitia yang matang juga membuat pameran ini berjalan lancar. “Acara ini bisa sukses terlaksana itu berkat semua panitia Adiwarna 2013 dan mahasiswa DKV 2009 yang juga merupakan peserta.” tutup Eunike Gondokusumo. (Mei)

 

Foto: Felix

 

 

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *