Save The Earth!!!

14

Aksi sosial kembali diadakan dalam kegiatan program, pengarahan, pengenalan, dan kreativitas mahasiswa baru (P3KMABA). Tahun ini tema yang diusung adalah “Save the Earth” dan mahasiswa baru (maba) terbagi atas tiga kelompok besar yaitu membuat papan slogan, menghias tong sampah, dan urban farming. Tujuan diadakannya kegiatan ini tidak lain adalah agar para maba melakukan  kegiatan positif yang tidak hanya menguntungkan dirinya sendiri melainkan juga orang lain dan bumi tempat mereka tinggal. Seperti halnya dengan tema utama P3KMABA tahun ini, para maba diharapkan dapat menjadi garam dan terang dunia bagi orang lain.

Pembuatan papan slogan berlokasi di dekat gedung T. Setiap kelompok terdiri dari tiga maba beda jurusan dan hanya diberi tiga cat warna dasar. Rasa antusias begitu terlihat di wajah mereka meski pada awalnya mereka bingung dan canggung karena tidak saling mengenal. Suasana tidak jauh berbeda di gedung P. Para maba begitu antusias mengecat tong sampah. Disini tiap kelompok terdiri dari tiga sampai lima maba.  “Ini adalah pengalaman pertama mengecat tong sampah,” ungkap Ruth Stefanie, maba program studi ilmu komunikasi.

Pengecatan papan slogan

Pembuatan tong sampah

Dibagian urban farming pun tak kalah serunya. Kegiatan ini berlokasi di parkiran gedung P, dimana tiap kelompok terdiri dari tujuh maba. “Kegiatan ini sangat bagus karena dapat mengarahkan para mahasiswa agar peduli dengan lingkungannya,” ungkap Irene, maba teknik industri. “Saya juga senang karena ospek disini lebih kepada pengarahan dan bukan perpeloncoan yang menurut saya sangat tidak berguna bagi mahasiswa baru,” tambah mahasiswi asal Makassar ini. Kegiatan ini juga mendapat sambutan dari Wakil Rektor III (Bidang Kemahasiswaan) Ir. Frederik Jones Syaranamual, M. Eng “Berbagi kepada warga Siwalankerto suatu contoh urban farming. Ini juga dapat menjadi salah satu solusi kepada masyarakat perkotaan yang tidak memiliki lahan untuk bercocok tanam. Urban farming ini sangat cocok digunakan untuk menanam tanaman yang kita konsumsi sehari-hari seperti bawang putih maupun bawang merah.” Kegiatan ini dihadiri pula oleh perwakilan dari warga Siwalankerto, Bapak Ranu selaku Ketua RW 03 dan Ibu Sarwoh selaku Kader Lingkungan, “Saya sangat berantusias dengan kegiatan ini. Saya harap kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa baru yang memberikan sumbangsih terhadap lingkungan itu ditingkatkan terus tiap tahunnya, sehingga kondisi di Siwalankerto dan sekitar UK Petra semakin bagus dan asri.” (Mei)

Pembuatan urban farming

Proses serah terima dari WR III kepada ketua RW 03

Sesi foto bersama

Foto: Claudia

Tagged with:     ,

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *