Salt of The Earth, LIGHT to The World

Beyond Your Imagination

     Tidak sedikit yang mengibaratkan masa orientasi bagai “sayur tanpa garam”, tak terkecuali bagi mahasiswa-mahasiswi baru (maba) Universitas Kristen Petra (UK Petra). Program pengarahan pengenalan dan kreativitas mahasiswa baru (P3KMABA) menjadi salah satu orientasi yang wajib diikuti para maba UKP. Tak lepas dari pepatah sebelumnya, “Salt of The Earth, Light to The World” diangkat menjadi tema utama P3KMABA tahun ini. Pembawaan tema tersebut tidak lain untuk mengharapkan para maba agar dapat menjadi garam dan terang dunia bagi orang lain.

     Suasana ramai terlihat saat persiapan (briefing) P3KMABA berlangsung. Briefing yang berlangsung selama dua hari tersebut terbagi menjadi dua shift perhari, yaitu dari pukul 08.00-11.00 WIB untuk shift I dan pukul 14.00-17.00 WIB untuk shift II. Beyond Your Imagination atau yang disingkat Beyonation menjadi tema briefing kali ini, ingin mengingatkan bahwa masa perkuliahan berbeda dengan masa SMA (sekolah) dimana para maba harus bertambah dewasa dalam menghadapi segala hal yang ada. “Karena semua mahasiswa baru pasti penuh pertanyaan gimana sih masa kuliahnya. Untuk itu kami mengambil tema ini agar maba mengetahui bagaimana masa perkuliahan dan memperkenalkan dunia perkuliahan melalui P3KMABA 2013 ini,” ungkap Stephanie Gunawan, selaku divisi acara. Tiap acara atau pertemuan akan bertemakan masing-masing yang bila digabung akan menjadi serangkaian tema yang bermakna.

     Hadir pula perform dari mahasiswa-mahasiswi UKP diantaranya pentas band, teater, dan lainnya. Ketua panitia P3KMABA 2013, Andre JH, memberikan kata sambutan yang juga disertai dengan penyampaian-penyampaian lain dari tiap divisi. Tak ketinggalan pula jargon yang memiliki khasnya tersendiri yang menggambarkan tema utama P3KMABA 2013.

     Masa orientasi yang diikuti lebih dari 2180 maba ini direncanakan akan terlaksana lebih dari sepekan yang dimulai pada tanggal 9 hingga 19 Juli 2013. Terdapat sepuluh divisi yang membantu kelancaran P3KMABA diantaranya acara, keamanan, evaluasi, konsumsi, sekretariat, publikasi dokumentasi, perlengkapan, peran, IT, serta divisi kesehatan. Opening ceremony, sesi di kelas, hari kepedulian, talent show, pengenalan perpustakaan dan pusat komputer, tes kepribadian, open house, dan closing ceremony akan menjadi serangkaian acara selama lebih dari sepekan orientasi ini.

     Dari segi peraturan, panitia mengakui ada beberapa aturan yang berubah dibanding pada tahun-tahun sebelumnya. Para maba juga tidak dipulangkan larut (malam), dapat melihat jadwal di gedung Radius Prawiro dan P. (Yen)

 

Foto: Vicky/Felix


Tagged with:     , ,

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *