Communiphoria, Communicate Your Ideas

           Communiphoria adalah acara yang diselenggarakan oleh Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra. Puncak acara ini dilangsungkan pada hari Rabu, 20 Agustus 2014 yang merupakan acara grand final. Acara yang bertema Communicate Your Ideas berawal dari tujuan untuk menonjolkan sisi Public Relation (PR) yang merupakan salah satu pemusatan jurusan dalam Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra dengan cara branding school.

           Communiphoria sendiri merupakan singkatan dari Communication Euphoria. Disebut Communication Euphoria karena teman-teman Prodi Ilmu Komunikasi ingin menunjukkan dunia seputar Ilmu Komunikasi dengan cara  mengadakan lomba-lomba  bagi siswa siswi SMA se-Indonesia. Lomba-lomba itu diantaranya adalah lomba Broadcasting TV, Majalah Digital (jurnalistik), lomba Proposal Branding School, dan Penyiaran radio.

           Communiphoria merupakan sebuah program baru yang diketuai oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2012 yakni Tarra Timothea. “Acara ini berat karena aku belum punya panduan dari kegiatan-kegiatan sebelumnya. Jadi aku bisa disebuit sebagai pencetus pertama Communiphoria,” ujarnya. Persiapan Communiphoria berjalan sejak awal bulan Juni hingga bulan Agustus. Panitia Communiphoria juga melakukan workshop di lima kota besar yakni Surabaya, Semarang, Balikpapan, Denpasar dan Makassar.  Alhasil ada 11 tim yang lolos ke babak final.

           “Pertamanya sih jujur aja kami kurang persiapan, tapi kami semua rela berkorban waktu, rela lelah tapi sekarang hasilnya lega, memuaskan, dan sempurna. Ini adalah pengalaman yang sangat berharga buat aku dan teman-teman timku,” ucap Renaldo Kurniawan asal SMA Karang Turi, Semarang dengan semangat. Baik panitia maupun peserta semuanya berusaha keras berjuang memberikan yang terbaik untuk acara ini. Hingga akhirnya terpilihlah juara-juara seperti Juara broadcasting radio terbaik yang dimenangkan oleh SMAK Santo Yoseph Denpasar, Bali.

           Acara ini juga mendapat pujian dari salah satu juri, “Acaranya luar biasa. Bisa menemukan bakat-bakat di radio, karena penyiar radio itu langka. Semuanya oke, tetapi karena teman-teman SMA masih sangat muda, masih banyak cara dan waktu untuk memolesnya,” ucap Jemmy Lesmana.

           Tidak lupa juga Kepala Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra, Bapak Ido Prijana Hadi mengucapkan banyak terimakasih untuk semua pihak, para juri, panitia, peserta dan semua yang terlibat dalam acara ini.(Lidya)

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *