101 Adobe Illustrator

Fotografer : Ferdiantio JS

101 Adobe Illustrator

Oleh: Natania Wahyuni Tanihardjo

Wawasan mengenai desain menjadi hal yang penting di saat  ini. Tak hanya mahasiswa Program Studi (prodi) Desain Komunikasi Visual (DKV) saja yang membutuhkan, namun semua mahasiswa. Bermula dari kebutuhan mahasiswa akan pengetahuan desain, Himpunan Mahasiswa Desain Interior (HIMAINTRA) Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya akhirnya mengadakan workshop “101 Adobe Illustrator” Kamis (1/3) lalu di ruang Audio Visual Gedung P (AVP) 708. Acara ini diikuti mayoritas mahasiswa Desain Interior dan juga beberapa dari prodi lain.

Workshop ini di dimentori Laurent Saviour, Melissa Ardani, Sheilly Yuliani, Natasya A., dan Stefani Cindy. Mereka berkeliling mengamati dan mendampingi peserta yang masih pemula. Kali ini mereka mengajarkan basic menggunakan aplikasi desain yang mumpuni, namun masih jarang digunakan. Aplikasi desain ini adalah Adobe Illustrator (AI). “Pasti teman-teman di sini lebih banyak tahu Photoshop daripada AI. Dari pada membanding-bandingkannya, disini kita ingin menjelaskan lebih jauh, bahwa dua aplikasi ini sebenarnya berbeda basic dan kegunaannya,” jelas Stefanie Margareth “Kita mahasiswa selain DKV juga butuh bisa AI untuk bikin portofolio, resume, dan keperluan pekerjaan yang lain supaya terlihat lebih menarik.”

Dengan jumlah peserta relatif sedikit, workshop ini sangatlah berjalan efisien. Peserta jadi bisa mengerti benar cara menggunakan aplikasi yang digunakan. Tentunya peserta diminta membawa laptop masing-masing yang sudah terpasang aplikasinya. Tapi, panitia siap pula meminjamkan laptop-nya kepada para peserta.

Dalam waktu dua setengah jam, peserta dijelaskan tools yang ada, cara menggunakannya mulai dari mengambil outline gambar, membuat layerclipping mask, menyesuaikan ukuran text sesuai kertas, dan lain-lain. Para mentor bahkan berbaik hati menyediakan waktu setelah workshop bagi para mahasiswa yang masih kepo atau ingin meng-install aplikasi AI.

Wawasan yang berguna tentu akan sia-sia saja bila hanya disimpan sendiri. Dengan eksistensi acara ini, menandakan kepedulian mahasiswa UK Petra berbagi pengetahuan dengan sesama. Teruslah berbagi, Sobat GENTA!

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Feature

Majalah Kampus di Ambang Keterpurukan
Posted in: Feature

Majalah Kampus di Ambang Keterpurukan Oleh: Veronica Maureen Sebanyak 1000 eksemplar majalah GENTA dicetak setiap edisinya yang seharusnya menjadi sumber pengetahuan baru bagi seluruh sivitas, tak terkecuali mahasiswa. Dan mungkin, sudut pandang paling tepat dalam menentukan keberhasilan pembuatan GENTA adalah dengan menilai sejauh mana informasi dan pengetahuan yang dituliskan mampu diterima oleh seluruh sivitas. Rendahnya […]

Read More